Rencana Produksi/Operasi

Pengertian manajemen operasi

  1. Kata produksi berkonotasi penciptaan barang melalui proses pabrikasi (Assauri,1998).
  2. Sdgkan output dr kgtn produksi bkn hny berupa barang melainkan juga jasa.
  3. Osi, dlm manj modern, manj operasi (operation management) lbh banyak digunkan drpd manj produksi (production management).
  4. Manaj operasi meliputi: produksi barang dan jasa (Schroeder,2007).
  5.  Manaj operasi (Heizer & Render,1999) adl serangkaian aktivitas utk menciptakan brg & jasa mell transformasi (proses perbhn) input menjadi output.
System Primary Inputs Resources Primary Transformation Functions Typical Desired Output
Hospital Patients MDs,nurses,medical,supplies,equipment Health care (physiological) Healthy individuals
Restaurant Hungry customers Food,chef,wait-staff,envinron Well-prepared,well-served food ,agreeable envirmnt Satisfied customers
Automobile factory Sheet steel, engine parts Tools,equipment  workers Fabrication & assembly of cars High quality cars
College or university High school graduate Teachers,book,classrooms Imparting knowledge & skills Educated individuals
  1. Manaj operasi diperlukn oleh perush yg outputnya adlh brg perush manufactur maupun perush yg outputnya berupa jasa.
  2. Gambaran keterkaitan input,proses,output dlm berbagai sistem digmbrkn oleh Chase,Jacobs & Aquilano ,2004 sbb :
System Primary Inputs Resources Primary Transformation Functions Typical Desired Output
Department store Shoppers Displays,stocks of goods,sales clerks Atrract  shoppers, promote product,fill orders (exchange) Sales to satisfied customers
Distribution centre Stockkeeping unit (SKU) Storage bins, stockpickers Storage & redistribution Fast delivery, avability of SKU
Airline Travelers Airplane crew, schedule,ticket,system Move to destination On time,save, delivery to destination

Analisis aspek-aspek manaj operasi (Heizer & Render,1999)

1.Kptsn dlm hal kualitas produk.

  1. a.Mutu/quality (Veigenbaum,1984) adl kemampuan yg dimiliki suatu produk utk memenuhi kbthn konsumen.
  2. b.Mutu (Heizer,Render,1999): The totality of features and characteristics of a product or service that bears on its ability to satisfy stated or implied needs
  3. Peningkatan kualitas produk scr berkelanjutan (spt motorolla or nokia) terbukti mrpkn obat yg mujarab utk meningkatkan profitabilitas perush.
  4. Kual prod bisa ditinjau pd 2 hal/pdktn:

1)      berdsrkn pengguna : prod dirasakan & dilihat oleh pengguna.

2)      berdsrkn manufaktur : prod dhlkn brdsr std                proses/std mutu sesuai kebijakan quality control.

2 cara perbaikan kual utk memperbaiki/mengktkn pendptn

Hub pdktn kual & dimensi kual

2. Desain barang & jasa (Good & service design)  yi brg & jasa akn ditentukan oleh : a) proses prod,b) by prod,c) bhn baku yg dgnkn,d) sdm yg dibutuhkn, e)kual brg,jasa yg dihslkn.

3. Desain proses & kapasitas (Process & capacity design) : bgmn cara mentransformasi input menjadi output yg ditentukan oleh a)jenis teknologi,b)mesin &peralatan. Ada prod massl yg  prosesnya kontinyu & ada prod dibuat berdsr job order.

4.Penentuan lokasi (location selection),ada 2 pendekatan yi kualitatif & kuantitatif.

                Pdktn kual ditentukn hal2 kual yi : penddkn,keshtn,skp,budaya.

                Pndktn kuantitaif dtentkn hal kuantitaif yi: biaya,jarak, volume dsb.

Contoh :

Contoh: Bobot,Skor & pilihan lokasi

Faktor Bobot Skor(0-100) Skor(0-100) Skor Tertimbang Skor Tertimbang
Prancis Denmark Prancis Denmark
Ketersedaan TK &skpnya  0,25      70       60      17,50       15,00
Rasio mans/mbl  0,05      50       60       2,50         3,00
Pndptn/kapita  0,10      85       80       8,50         8,00
Struktur Pajak  0,39      75       70     29,25       27,30
Pnddkn &kshtn  0,21     60       70     12,60       14,70
Jumlah  1,00     70,35       68,00

Metode Pusat Gravitasi

Cx =∑ Dix x Wi / ∑Wi……………………….. (1)

Cy = ∑ Diy x Wi / ∑ Wi………………………. (2)

Keterangan:

Cx : koordinat x dr suatu centre of gravity

Cy : koordinat y dr suatu centre of gravity

Dix: koordinat x dari lokasi i

Diy: koordinat y dari lokasi i

Wi : volume brg dr dan ke lokasi i.

6. SDM & desain pekerjaan (human resources & job design):

                a. uraian pek

                b. tgs yg hrs dilaksnkn

                c. tggng jwb

                d. kemamp

                e. keahlian

                f. konseptual

                g. keahlian bersosialisasi

                h. punya skp (attitude)

7. Manajemen rantai pasokan; pandgn perus terfragmentasi & melihat kgtn prod sbg kgtn yg terpisah & bkn kgtb yg terintegrasi.

8. Persediaan: Bhn baku, bhn pembantu,brg  ½ jadi, brg jadi.

9. Penjadwalan: jadwal produksi rs pertimbangan bnyk faktor : musim, permintaan konsumen antara, konsumen akhir.

10. Perawatan: perawatan peralatan/mesin agar terjaga keandalannya,stabilitas & hindari resiko.

Langkah2 utk menentukan anggrn produksi

  1. Menentkn perkiraan juml unit barang yg akan dijual perbln
  2. Menentkn tk persedaan akhir brg yg diiinginkan
  3. Menambahkan juml persed akhir
  4. Tentukan by yg dibutuhkan.

Pengembangan Anggrn utk perush  Manufaktur

Pengembangan Anggrn utk perush  Non- Manufaktur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s