Membangun Hubungan yang Kuat & Fondasi Bisnis yg Kokoh

Dengan siapa kita ingin memiliki hubungan yang kuat ?

  1. Para pebisnis sukses pd umumnya sangat ahli dlm membangun relasi dg setiap orang yg berhub dgnnya.
  2. Relasi tsb adlh: staf perush,konsumen, pemasok,tuan tnh,bank,para konsultan profesional (pengacara,akuntan,psikolog dsb)
  3. Membangun bisnis sukses tdk mungkin hny andalkan  satu individu,namun dibutuhkan sebuah tim,jejaring dg bnyk komponen yg masing2 sama pentingnya.

Contoh kasuistis :

  1. Perush sdh lama berhub dg slh satu bank bsr, shg abaikan bank lain dg asumsi: ckp satu bank sbb semua bank adl sama pelayanannya.
  2. Apakah statmen ad 1 tsb salah ?  Jika benar , dmn benarnya ,jika salah dmn salahnya ?
  3. Analog,seorang konsumen beli prod sdr, krn mempercayai sdr n menaruh hrpn bsr kpd sdr ttg prod yg dibutuhkan agr memuaskan,bila puas ,pasti konsumen agr kembali ke sdr.
  4. Membangun hub itu penting, tapi dlm prosesnya sdr pasti akn menemui bbrp org yg tdk bisa dihadapi or tdk bisa memenuhi hrpn sdr.
  5. Hubungan suatu saat tdk akan terbentuk dan itu tdk apa2.
  6. Biarkn trs maju dg hrpn situasi spt itu jarang terjadi.
  7. Tuangkn sgl usaha,energi,pikiran kedlm roda penggerak bisnis sdr, serta tentukan manfaatnya bagi sdr & bagi org lain jika memiliki hub yg lb kuat.

Selalu periksa referensi dari pemasok potensial

1.Pemasok yg baik ad bgn ptg dr bisnis sdr yg sukses scr keseluruhan.

2. Saat membuat account dg pemasok, kemungkinan bsr pemasok  akan memeriksa dan menyelidiki bisnisn sdr, sbb pemasok pasti bertanya apkh sdr mampu byr tagihan2 yad or tdk ?

3. Apa sikap sdr setelah menghadapi situasi demikian ???

4. Jwbnnya: Sdr hrs menyediakan banyak informasi pribadi, referensi perniagaan sdr ttg bisnis sdr memiliki rekam jejak yg baik, melunasi tagihan tepat wkt, tim sdr adl orang2 yg profesional dibidangnya dsb.

5. Begitu sebaliknya, sdr dg pmasok tsb.

6.Oki,Sdr agr meminta nama bbrp konsumen dari pemasok. Apa kegunaannya ?

7. Suatu saat pemasok mengecewakn sdr, kemungkinan sdr akn mengecewakn konsumen, tapi konsumen ttp salahkan sdr n tdk akn slhkn pemasok.

Gunakan waktu untuk mempelajari orang demi membangun hubungan dengannya

1.Untuk membangun hub, sdr butuh waktu.

2. Pilih pebisnis mana yg akn sdr jadikan mitra ?

3. Cari tahu sebanyak mungkin rekam jejak mitra sdr.

4.Ingat: orang yg hebat membangun bisnis seringkali juga hebat dlm  membangun hubgan

5. Pikirkan dan amati orang2 yg sehari-hari datang ke bisnis Sdr.

6. Apa yg sdr pikir ttg mereka ?

                a. Nama & tempat tinggal

                b. Apa yg mereka kerjakan/pek sblm ini ?

                c. Apa renc masa depannya?

                d. Apa renc Sdr utk mereka, utk yad ?

7. Sisihkn sdkt wkt utk mereka dg tulus, dg dmkn mereka juga akn merespon sdr dg postf & interaksi sdr akn menyenangkn ke-2-pihak.

8. Kemungkinan bsr mereka akn rela mengeluarkan ush lbh jika sdr membutuhkan mereka.

9.Kemungkinan bsr mereka juga akn memberitahukan bisnis sdr kpd org lain.

10. Tiba2 sdr akan mendapatkan seorang perwakilan lenjualan gratis lagi yg membantu ,mempromosikan bisnis Sdr.

Mulutmu, harimau-mu

1. Pentingnya membangun hub,namun letakan batas2an  yg jelas.

2. Batasi juga informasi yg sdr keluarkan,sbb kemungkinan informasi tsb akan disampaikan kpd pesaing sdr.

3. Bangun hub,tapi sembunyikan kartu sdr dg hati2.

4. Sedekat apapun hub,ada bbrp hal yg tdk shrsnya diungkapkan krn mgkn beresiko terhdp integritas Sdr

Jangan biarkan isu remeh merusak hubungan jangka panjang

1.Hub yg sgt kuat mgkn bisa rusak gara2 soal sepele.

2.Hal ini akn terjadi mis dari pemasok Sdr suatu saat alami kesalahan kcl.

3. Jika hub sdr dg pemasok sdh sgt baik, soal kesalahan kcl jgn jadi masalah.

4. Sbb semua orang pasti pernah berbuat salah, wlpun kslhn tsb memalukan,tapi itu bukan akhir dr segalanya.

Pastikan Fondasi Bisnis Sdr  kuat

  1. Bisnis diatas fondasi yg kuat,masa depannya akn lbh pasti & secara keseluruhan akn memperbesar peluang bisnis akn menjadi sukses.
  2. Hal ini bkn berarti bisnis sdr yg sdh berjln lama tanpa fondasi tdk akan tertolong lagi.
  3. Kesempatan tetap selalu ada untuk memperkuat fondasi bisnis.

Membuat bisnis lb bsr dr satu orang

1.Sbgn bisnis memiliki produk unggulan dan dimulai dari usaha sendiri bbrp lama dan selanjutnya sukses namun akhirnya berantakan.

2.Contoh : seorang Bengkel Ahli bernama “A” dikerjakan sdri dan memuaskan pelanggan, namun sgkt cerita pelanggan mkn banyak namun gak mau ditangani karywn lain selain si “A”,akhirnya capek kelelahan dan berantakan.

3. Bgmn sdr menghadapi masalah ini ?

4. Jwbn:

                a. Buat bisnis dr awal lbh dr 1 orang.

                b.  Ubah nama bisnis or promosikan org lain.

                c. Jika konsumen tdk percaya tnykn ke staf, mentor, rekan bisnis.

5. Melepas tali kekang seringkali menjadi bagian tersulit dalam proses ini.

Buat renc bisnis or minta tolong teman

1. Renc bisnis adlh sebagai lampu besar bisnis or peta pembimbing bisnis :

                a. Apa yg dibisniskan ?

                b. Dimulai dari mana ?

                c. Kemana tujuannya ?

                d. Apa yg hrs dihindari ?

                e. Bgmn bisnis diijlnkn agr sp tujuan ?

                f. Bgmn mengethui bisnis sp tujuan ?

Memahami pentingnya system

  1. Sistem adl prosedure yg sgt jelas yg harus dipatuhi saat melakukan apapun dlm bisnis.
  2. Contoh Mc Donald’s :
  1. Check daftar pra operasi setiap pagi sblm operasi utk mulai kerja dapur,menyapa konsumen, membuat burger,meletakkan  makanan diatas nampan, utk berterimakasih kpd konsumen,utk bersihkn meja konsumen stlh konsmn selesai makan.
  2. b. Siapapun hrs pelajari sistem yg spesifik bbrp menit.
  3. c. Hal ini mempermudah proses pelatihan & tk   konsistensi sgt tinggi dlm berbisnis.
  4. Ternyata konsumen mnyukai konsisitensi

3. Bisnis yg sistematis santa populer & menarik bagi konsumen.

4. Sistem dlm bisnis adlh emas.

5. Sistem bersifat sadar biaya krn lbh murah

Memahami keuangan akn kendalikan bisnis Sdr

  1. Aspek finansial adl pek yg membosankan.
  2. Namun jika sdr tak perhatikan, mk bisnis akn mudah terjerumus.
  3. Pebisnis wajib memahami keu sbg bntk tgg jwb dan  utk tentukan pajak.
  4. Banyak akuntan yg tak terlalu baik dlm berkomunikasi shg cend tdk bs berikan deskripsi yg baik utk Sdr.

Buat catatan pembukuan yg baik berguna dlm jangka panjang

  1. Catatan pembukuan yg buruk berakibat sdr akan selalu mengeluarkan uang dlm juml besar.
  2. Pd dsrnya terdpt 2 jenis catatan yg hrs disimpan  dlm bisnis yi catatan uang masuk dan catatan uang keluar.
  3. Catatan buruk ttg uang yg diterima, sebuah bisnis cend berhub dg penggelapan pajak & ptgs pajak paling sering kejar pebisnis spt ini.
  4.  Catatan buruk ttg uang yg dikeluarkan berarti sdr tdk bisa mengklaim pengel sesungguhnya krn tdk memiliki kuitansi or catatan yg sesuai, shg pengel tsb tdk mendpt deduksi shg dianggap pengel pribadi.
  5. Carilah seorang profesional yg bantu Sdr dlm perush.

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s