Bab V Aplikasi Konsep Motivasi di Dalam Organisasi

Mengubah Sifat dari Lingungan Kerja

  • Mengubah sifat dari lingkungan kerja bisa dengan rancangan pekerjaan (job design)
  • Job design bisa dilihat dari: skill variety, task identify, task significance, autonomy dan feedback
  • Skill variety: suatu pekerjaan membutuhkan beragam aktivitas dengan sejumlah ketrampilan berbeda-beda
  • Identitas tugas: tingkat sampai mana suatu pekerjaan membutuhkan penyelesaian seluruh pekerjaan yang bisa diidentifikasi
  • Arti tugas: tingkat sampai mana suatu pekerjaan berpengaruh penting dalam kehidupan/pekerjaan individu lain
  • Otonomi: tingkat sampai mana suatu pekerjaan memberikan kebebasan, serta keleluasan bagi individu untuk merencanakan  dan menentukan prosedur yang akan digunakan dalam pekerjaan tersebut
  • Umpan balik: tingkat sampai mana pelaksanaan aktivitas kerja yang diwajibkan oleh suatu pekerjaan membuat seseorang mendapat info yang jelas tentang keefektifannya.
  • Selain dengan job design, kita bisa mengubah sifat dari lingkungan pekerjaan dengan job redesign (rotasi, perluasan dan pengkayaan pekerjaan)
  • Rotasi pekerjaan: pergantian secara periodik seorang karyawan dari satu tugas ke yang lainnya
  • Perluasan pekerjaan: peningkatan jumlah dan variasi tugas dari seorang individu melalui pekerjaannya yang berbeda-beda
  • Pengkayaan pekerjaan: perluasan vertikal dari pekerjaan, yang meningkatkan pengendalian pekerja terhadap rencana, pelaksanaan dan evaluasi kinerja
  • Cara lainnya adalah pendekatan susunan pekerjaan alternatif (jam kerja fleksibel, pembagian pekerjaan dan telecommuting)
  • Pengubahan sifat dari lingkungan kerja juga harus melihat kemampuan para karyawa dan peluang yang tersedia

Keterlibatan karyawan

  • Definisi: sebuah proses partisipatif yang menggunakan masukan karyawan-karyawan dan dimaksudkan untuk meningkatkan komitmennya
  • Tiga bentuk keterlibatan karyawan: manajemen partisipatif, partisipasi representatif dan lingkungan kualitas
  • Manajemen partisipatif: proses dimana para karyawan berbagi suatu tingkat pembuatan keputusan yang signifikan dengan atasannya
  • Partisipasi representatif: partisipasi para karyawan dalam pembuatan keputusan melalui perwakilannya
  • Lingkaran kualitas: kelompok kerja karyawan yang bertemu secara teratur mendiskusikan masalah kualitas kerja, menganalisis dan merekomendasikan ke pimpinan untuk perbaikan

Pemberian penghargaan kepada karyawan

  • Ada 4 keputusan penghargaan strategis utama yang harus dibuat dalam pemberian penghargaan kepada karyawan: berapa bayaran karyawan dan bagaimana strukturnya, bagaimana cara membayar, apa tunjangan yang diberikan dan bagaimana cara menyusun program pengakuan karyawan (penghargaan intrinsik)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s