Strategi Sourcing Global

Pentingnya dan Kompleksitas Strategi Sourcing Global

Manajer pemasaran harus memahami dan menghargai pentingnya peran dari desainer produk, insinyur, manajer produksi dan manajer pembelian dalam pembuatan keputusan pemasaran. Keputusan pemasaran tidak dapat dibuat tanpa keterlibatan mereka. Kesuksesan suatu manajemen dalam menjadikan perusahaan memiliki kekuatan bersaing dan prestasi pasar, ditentukan jalinan kerja sama dan hubungan antara R&D, Manufacturing danMarketing activities-nya.
Perkembangan perdagangan internasional juga cenderung mengalami pergeseran karena parusahaan Multinasional melihat beberapa Negara Asia yang sedang tumbuh (Newly Industrial Countries-NIC) seperti Korea Selatan, Taiwan, Hongkong dan Singapura) juga Cina, selain sebagai pasar potensial, mereka juga menjadi penting sebagai lokasi perolehan sumber dan lokasimanufacturing perusahaan Multinasional. Selain itu, lokasi Negara-negara tersebut juga menjadi tempat memproduksi dan memperoleh sumber bagi perusahaan Multinasional yang lebih murah dibanding di Negara asal mereka.
Kecenderungan/Tren dalam Strategi Sourcing Global
Dalam 30 tahun terakhir ini telah terjadi pergeseran dalam strategi sourcing global. Periode tahun 1970 dan 1980, usaha mendapatkan supplies atau sources didasarkan atas dasar penghematan biaya, namun di periode 1990, perhatian bergeser pada kualitas dan reliabilitas (dapat dipercayanya) dalam perolehan sumber.
Ada lima arah yang mempengaruhi dalam global sourcing, yaitu :
Arah 1 : Sourcing ditentukan oleh menurunnya tingkat nilai tukar uang
Sejak tahun 1970, nilai tukar mata uang selalu berfluktuasi. Apabila nilai mata uang suatu Negara mengalami apresiasi, maka perusahaan di Negara tersebut akan mudah melakukan pengadaan komponen dan produk dari luar negeri. Sebaliknya bila mata uangnya mengalami depresiasi, perusahaan di Negara tersebut akan mengalami kesulitan memperoleh source dari luar negeri karena harganya menjadi lebih mahal. Dalam hal ini, perusahaan mempertimbangkan pentingnya nilai tukar uang dalam upaya memperoleh sourcing dari luar negeri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s