Li & Fung : Disperced manufacturing, cara inovatif mengelola supply chain

Didirikan sebagai sebuah perusahaan dagang (broker) pada tahun 1906 di Canton, China bagian selatan, Li&Fung sekarang merupakan sebuah perusahaan yang memiliki gaya inovatif dalam mengelola supply chain. Dengan pusat bisnis di Hongkong, kegiatan operasi Li&Fung tersebar di berbagai wilayah dunia. Namun Li&Fung tidak berarti harus memiliki sendiri banyak fasilitas produksi maupun distribusi untuk menjalankan bisnisnya. Dengan melihat keunggulan masing-masing negara, perusahaan ini bisa menciptakan aliran material yang optimal untuk mempertemukan sumber daya murah di negara-negara berkembang seperti China bagian selatan, Thailand, Indonesia dan lain-lain dengan pelanggan di negara-negara seperti Amerika dan Eropa

Li&Fung mengelola supply chain dengan konsep yang mereka namakan disperced manufacturing. Prinsipnya adalah membagi-bagi kegiatan di sepanjang value chain dan mengalokasikan asing-masing kegiatan tersebut ke pihak yang paling tepat untuk mengerjakannya. Untuk produk boneka anak-anak misalnya pada tahun 80-an mereka merancang sendiri produknya maupun cetakannya di Hongkong. Rancangan produk dan cetakan ini kemudian dikirim ke China untuk memproduksi boneka-boneka sesuai dengan rancangan dan menggunakan cetakan yang sudah dibuat di hongkong. Setelah produk selesai, produk ini kemudian harus dikirim kembali ke Hongkong untuk keperluan pengecekan kualitas dan pengepakan. Pekerjaan pengepakan dilaukan di Hongkong karena pada saat itu Cina belum mampu mencetak kemasan dengan kualitas tinggi. Kemudian, pengiriman ke luar negeri juga dilakukan dari Hongkong dengan memanfaatkan infrastruktur pelabuhan maupun perbankan yang sangat bagus disana.

Jadi tampak bahwa Li&Fung melakukan sendiri pekerja-pekerjaan yang membutuhkan teknologi dan memiliki nilai tambah tinggi (front end berupa perancangan produk dan cetakan dan back end berupa pengecekan kualitas dan pengiriman). Pekerjaan yang ada ditengah yang bersifat padat karya, dikirim ke wilayah Cina selatan yang tenaga kerjanya murah. Secara keseluruhan Li&Fung memiliki lebih dari 7500 jaringan supplier di seluruh dunia.

Sumber : http://3cc4hc4lm.blogspot.com/2011/05/li-fung-disperced-manufacturing-cara.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s