Aurora Menakjubkan Yang Tercipta dari Badai Matahari

Akhir – akhir ini Matahari seperti terbangun. Setelah beberapa tahun tenang, Badai Matahari membombardir Bumi dengan dua badai matahari berturut-turut minggu ini, yang menghasilkan beberapa aurora malam yang spektakuler dilihat dari bawah langit di belahan bumi utara.

Satu suar yang relatif kuat meledak dari permukaan matahari pada 19 Januari, sambil melemparkan partikel-partikel bermuatan yang mencapai planet kita pada 22 Januari. Tapi ini bukan apa-apa dibandingkan dengan suar besar yang meletus pada hari berikutnya. Ini menjadisolar flare terbesar dalam enam tahun, peristiwa langka ini membuat banyak pasang mata terkesan kagum, badai raksasa bergerak cepat yang mencapai bumi pada 24 Januari.

Medan magnet bumi mengarahkan partikel bermuatan torrent dari badai menuju kutub. Interaksi dengan atmosfer menghasilkan garis smar dengan warna yang indah yang dikenalsebagai aurora, atau Northern Lights.

Karena matahari sekarang memasuki bagian yang lebih aktif dari siklus surya, beberapa bulan dan tahun berikutnya diperkirakan akan terjadi lebih sering badai matahari. DAn hari ini, badai ini menghasilkan solar flare kelas X, kategori yang paling kuat dari semua flare (suar). Meskipun yang satu ini tidak mengarah ke bumi, peristiwa semacam itu dapat merusak satelit dan mengacaukan komunikasi di Bumi.

Meskipun mempunyai kerugian seperti ini, dengan meningkatnya badai matahari berarti aurora akan tampil semakin cantik. Di sini, kita bisa menikmati beberapa pemandangan yang luar biasa yang diambil oleh orang lokal tentang penampakan aurora cahaya atmosfer.

credit image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s