Makna PEKA STIE Bank BPD Jateng

STIE Bank BPD Jateng

Hari ini di STIE Bank BPD Jateng diselenggarakan Pra PEKA 2011, sebagai tahap awal untuk menjalani PEKA (baca : Pengenalan Kampus) selama 3 hari. penulis tahu, karena salah seorang teman penulis menjadi penitia di acara tersebut. Kalo bicara soal PEKA jadi ingat 1 tahun lalu, waktu PEKA 2010, penulis benar-benar tidak tidur, karena harus mneyelesaikan banyak tugas. Mata terlalu lelah, dan kelopak mata pun terus berhasrat untuk menutup bola mata, tetapi bagaimana bisa tugas yang belum selesai masih menumpuk. Meski lelah meski penulis juga tahu PEKA itu design panitia, tetapi penulis tahu dalam setiap tugas dan proses PEKA itu memiliki banyak makna, itu menurut penulis, tidak tahu dengan teman-teman  mahasiswa yang lain.

Jika 1 tahun lalu, kesan penulis PEKA itu hanya sebatas bikin cape’, ngasih tugas yang banyak n’ susah pula, mulai dari harus memperoleh barang-barang yang ditentukan, membuat makalah, proposal, serta berbagai tulisan dan publikasi, ada juga yang harus dikirim via email. Hari-hari yang sungguh melelahkan, terlebih lagi waktu itu penulis adalah pendatang baru di Semarang ( baca : Cah nDeso ke Kota Semarang ), mending kalo punya uang lebih dan sarpras serta fasilitas lengkap. Waktu itu tidak ada motor, laptop, ditambah tidak tahu seluk beluk Semarang.

Seperti kata orang bijak, kita akan tahu makna sesuatu hal ketika sesuatu hal itu jauh dari kita. PEKA telah selesai dan lewat. Setelah menjalani proses perkuliahan, penulis penulis baru memahami, ternyata PEKA itu benar-benar menggambarkan bagaimana menjadi mahasiswa yang menuntut ilmu/ kuliah di STIE Bank BPD Jateng. Judunya saja PEKA = Pengenalan Kampus, jadi maklumlah harus benar benar dapat menjelaskan kepaada mahasiswa baru bagaimana keadaan kampus beserta isinya termasuk aktifitas yang berjalan di dalamnya.

Sebagai contoh, ketika waktu PEKA ditugasi untuk membuat makalah, proposal, tulisan-tulisan, analisa, rangkuman, resume, dan publikasi lain. Ternyata benar, di STIE Bank BPD Jateng tidak jauh dari hal tersebut, sebenarnya sih itu sudah hal yang wajar bagi perguruan tinggi tidak hanya  STIE Bank BPD Jateng. Kemudian tugas yang harus dikirim via email, itu juga menggambarkan kuliah, karena tak jarang pula ada dosen yang memberikan tugas kemudian dikirim ke alamat email yang telah ditentukan, dan itu juga ada batas akhir mengirim tugas.

Bukan bermaksud mendramatisir keadaan, hanya berusaha mendeskripsikan secara objektif sesuai hati nurani😉 . Tulisan ini hanya berbagi pengalaman, semoga bisa diambil manfaatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s