Elemen Dasar Pengorganisasian

Organizing

  •       Aktivitas memutuskan bagaimana cara terbaik untuk mengelompokkan aktivitas dan sumber daya organisasi.
  •       Ibarat anak yang sedang bermain menyusun balok, maka manager juga dapat menyusun organisasi dengan beragam cara.
  •       Implikasinya manager harus memahami balok permainan dasar dalam struktur organisasi dan mengenali bahwa bagian dari fungsi pengorganisasian adalah mengetahui bagaimana cara terbaik untuk menyusun balok permainan tersebut menjadi struktur yang efisien bagi perusahaan

Susunan struktur organisasi :

      Merancang pekerjaan (job design). Spesialisasi pekerjaan (Job specialization):

  1. Rotasi pekerjaan (Job Rotation)
  2. Perluasan pekerjaan (Job enlargement)
  3. Pengayaan pekerjaan (Job enrichment)
  4. Pendekatan karakteristik pekerjaan (job characteristics approach)
  5. Tim kerja (work teams)

Departementalisasi

      Proses pengelompokan pekerjaan menurut beberapa pengaturan logis.

  1. Departementalisasi fungsional
  2. Departementalisasi produk
  3. Departementalisasi pelanggan
  4. Departementalisasi lokasi
  5. Departementalisasi waktu
  6. Departementalisasi urutan
  7. dll

Merancang hubungan pelaporan

A. Rantai komando (chain of command) ; jalur otoritas yang jelas dan pasti di antara semua posisi di dalam organisasi.

  1. Kesatuan komando (unity of command)
  2. Prinsip skalar (scalar principle).

B Rentang sempit vs rentang luas (span of management / control); jumlah orang yang seharusnya melapor ke setiap manager.

C Organisasi bertingkat vs Datar

Beberapa faktor yang mempengaruhi rentang manajemen

  •       Kompetensi supervisor dan bawahan
  •       Penyebaran bawahan secara fisik
  •       Tingkat pekerjaan manager yang tidak berkaitan dengan pengawasan
  •       Tingkat interaksi yang diperlukan
  •       Tingkat prosedur yang terstandarisasi
  •       Kemiripan tugas yang berada dlm pengawasan
  •       Frekuensi masalah baru
  •       Preferensi supervisor dan bawahan

Mendistribusikan otoritas

  •       Proses pendelegasian
  •       Desentralisasi dan sentralisasi

Mengkoordinasi aktivitas

  •       Koordinasi : koordinasi terpusat, berurutan dan timbal balik.
  •       Teknik koordinasi struktural ; hirearki manajerial, aturan dan prosedur, pesan penghubung, satuan tugas dan departemen integrasi.

Membedakan berbagai posisi

  •       Perbedaan antara lini dan staf
  •       Intensitas administratif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s