3 Strategi Kebijakan Diskriminasi Harga dalam Pasar Monopolis

1. Diskriminasi harga tingkat pertama (1st degree)

Diskriminasi tingkat pertama dilakukan dengan cara menerapkan hargayang berbeda-beda untuk setiap konsumen berdasarkan reservation price(Willingness To Pay) masing-masing konsumen. Strategi tingkat pertama inisering disebut diskriminasi sempurna (perfect price discrimination) karenaberhasil mengambil surplus konsumen paling besar. Syarat utama agarpenerapan strategi diskriminasi tingkat pertama ini dapat berhasil adalahperusahaan harus mengetahui reservation price masing-masing konsumen.Contoh: seorang dokter memberlakukan tarif konsultasi yang berbeda-bedapada setiap pasiennya.

2. Diskriminasi harga tingkat kedua (2nd degree)

Jika perusahaan tidak memiliki informasi mengenai reservationprice konsumen, maka diskriminasi tetap dapat dilakukan, namun tidakmendiskriminasi konsumen secara langsung, melainkan melalui diskriminasiproduk. Diskriminasi tingkat kedua ini dilakukan dengan cara menerapkanharga yang berbeda-beda pada jumlah batch produk yang dijual. Contoh:perbedaan harga per unit pada pembelian grosir dan pembelian eceran.

3. Diskriminasi harga tingkat ketiga (3rd degree)

Pada diskriminasi tingkat pertama, perusahaan mengetahui reservationmasing-masing konsumen. Namun, apabila perusahaan tidak mengetahuireservation price masing-masing konsumen, tapi mengetahui reservationprice kelompok konsumen, maka perusahaan menerapkan diskriminasitingkat ketiga. Strategi ini dilakukan dengan cara menerapkan hargayang berbeda-beda untuk setiap kelompok/grup konsumen berdasarkanreservation price masing-masing kelompok konsumen. Kelompok konsumendapat dibedakan atas lokasi geografis, maupun karakteristik konsumenseperti umur, jenis kelamin, pekerjaan dan lain-lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s