Neraca Pembayaran /Balance Of Payment (BOP), Arus Penanaman Modal Asing (PMA) dan Utang Luar Negeri (ULN)

Neraca Pembayaran (BOP)

Balance of Payment (BOP) adl Ikhtisar yg meringkas transaksi2 ant pendd suatu neg dg pendd neg lain slm jgk wkt ttt (biasanya 1 thn). BOP mencakup pembelian dan penjualan brg&jasa ,hibah dr individu & pem asing & transaksi financial. Ummnya BOP terbagi ats : Nerc transksi berjln & Nerc lalin mdl dan finansial dan item2 financial.

Dua macam transaksi dlm BOP

  1. Transaksi debet adl transaksi yg menyebabkn mengalirnya arus uang (devisa) dr DN ke LN. Transksi ini dsbt ngtf (-) yi transaksi yg sbbkn ber-nya posisi cad devisa neg.
  2. Transaksi kredit adl transaksi yg menybbkn mengalirnya arus uang (devisa)  dr LN ke DN. Transksi ini dsbt pstf (+) yi transksi yg sbbkn ber+nya pss cad devisa neg.

BOP terdiri ats

  1. Credit entries (transaksi kredit)
  2. Export of good & services (expor brg&js)
  3. Income receivable (penerim dr hsl invsts)
  4. Offset to real or financ resources provide (transfer).
  5. Increase in liabilities
  6. Decrease in financial assets
  7. Debit entries (transaksi debet)
  8. Import of goods and sercvices (impor barang dan jasa)
  9. Income payable (pembayaran atas hasil investasi)
  10. Offset to real or financial resources provide (transfer).

Bbrp transaksi yg pengaruhi keseimbagan BOP

  1. Transaksi Barang & Jasa
  2. Transaksi Modal
  3. Transaksi Satu Arah
  4. Selisih Perhitungan (error & omission)
  5. Lalu lintas Moneter

BOP secara keseluruhan harus berimbang (balance).

Ada 3 pengertian balance :

  1. Basic balance :

Basic balance terdr dr balance dlm transaksi berjln + transks mdl jk-png.

Basic balance memberikan inf ttg perubhn perekon thdp aliran mdl jk-pdk

2. Balance transaksi autonomous.

Balance ini trdr dr basic balance + alrn mdl jk-pdk.

3.Balance transaksi pem jgk pendek.

BOP tdr dr penjumlhn basic balance, selisih yg diperhit & rek mdl jk-pdk. Ketdkseimbgn yg tmbul dlm BOP diseimbangkn dg cad mdl pem.

BOP terdiri dr 3 saldo

  1. Saldo Nerc Transksi Berjalan (TB): juml saldo dr nerc perdag dmn mencatat ex-im brg, jg termsk pendptn royalti dan bunga deposito serta krmn uang TKI di LN.
  2. Saldo Nerc Modal (CA): nerc yg mencatat arus mdl jg-pdk & jk-pj yg msk dan keluar yg terdr ats mdl pem neto dan lalin mdl swasta neto.
  3. 3. Saldo nerc moneter  :
  4. Lalin moneter yi nerc yg mencatat perubhn cad devisa yg msk dan keluar dr suatu neg dlmsuatu periode ttt yg dicatat oleh bank sentral. Sdgkn perubhn cad devisa (CD) diperoleh dr penjumlhn saldo tarsnksi berjln (TB) dan saldo nerc mdl (CA),jd bkn CD yg dictt scr resmi,dsbt nerc cad (RA).

Tujuan utama BOP

Memberikan informasi kpd pem ttg posisi keu dlm hub ekonomi dg neg lain serta membantu di dlm pengambilan kebijaksanaan moneter, fiskal, perdagangan dan pembayaran internasional.

Kegunaan BOP

  1. Utk membukukan sel transaksi ekon internas yg terjadi ant pendd DN & pendd LN.
  2. Utk mengeth struktur & komposisi transaksi ekon internas suatu neg.
  3. Utk mengeth mitra utm suatu neg dlm hub ekon internas
  4. Mengeth pss keu internas suatu neg
  5. Sbg slh satu indktr yg akn dipertimbgkn neg donor utk brkn bantuan keu, terutm neg yg alami kesulitan BOP
  6. Sbg slh satu indktr fundamental ekon suatu neg selain tk inflasi, pertumbhn, GDP dsb

Masalah dlm analisa BOP

Tujuan analisa BOP ber-beda2 & perbedaan ini menentukan pola analisanya. Bbrp kekeliruan yg sering tmbul dlm analisa BOP al :

1. Seringkali abaikan slg hub antr transksi internas yg 1 dg yg lain shg ktd seimbgn dlm BOP diasosiasikan dg 1 transksi sj tnp meliht hub dg yg lain.

2. Surplus transksi yg sdg berjln sering dianggap baik, sebaliknya defisit dianggap jelek.

3. Keputusan utk memberi bantuan (aid) shrsnya lb didsrkn pd kktn ekon neg scr keseluruhan

BOP Ind 3 th (Milyard $ US)

Rincian 1988 1999 2000
A.Trans brjln 4,1 5,8 7,7
1.Brg 18,4 20,6 25,1
a.Ex fob 50,4 51,2 62,5
n-mgas 43,0 41,0 47,0
migas 7,4 10,3 15,5
b.Im fob – 31,9 – 30,6 – 37,4
n-mgas – 29,1 – 26,6 – 32,1
migas – 2,9 – 4,0 –  5,3

 

 

 

Rincian 1988 1999 2000
2. Jasa – 14,3 – 14,9 – 17,4
a.N-mgs – 11,4 – 11,7 – 12,7
b.Migas –   2,9 –  3,2 –   4,7
B.Mdl di LSM –   3,9 –   4,6 –   4,6
1.LL mdl Pem(b) 10,0 5,4 3,8
a.Pen pinj &bant 3,7 9,4 8,3
b. Plnsn pinj – 3,8 – 4,1* – 4,5*
2.LL mdl swt (b) – 13,8 – 9,9 – 8,5
a.PMA Lgs –  0,4 – 2,7 – 4,1
Rincian 1988 1999 2000
b.Lainnya – 13,5 –   7,2 –  4,4
C. Juml (A+B) 0,2 1,2 3,1
D. Slsh Perhit

ant C & E

(e & o )

2,1 2,1 1,9
E. LL Moneter –  2,3 –  3,3 –  5,0

Penanaman Modal Asing (PMA) dan Utang Luar Negeri (ULN)  di Indonesia

Pengertian Modal Asing (MA)

MA : Mdl yg dimiliki oleh neg asing, perseorgn WNA, bdn ush asing, BH asing dan atau BH Indonesia yg sebagian atau seluruhnya modalnya dimiliki oleh pihak asing.

Kontroversi PMA

Arus sbr keu internas neg diwujudkn dlm bntk:

a. Swasta (private foreign investment) dan investasi portfolio terutm PMA yg dilakukan perush Multinas.

b. Bantuan pembangunan resmi pem & swasta (public development asisstance ) atau pinj LN (foreign aid) yg berasal dr pem neg scr indv or multilateral mell perantara LK or LK independ or swasta.

Arus modal masuk ke Indonesia

Indonesia menganut sistem ekon terbuka maka arus mdl msk berwujud :

  1. FDI,
  2. Deposito asing/foreign dposit=FD,
  3. Utg Swasta & Utg Pem (UI),
  4. Investasi dlm psr uang dan psr modal DN (IM)

Bg neg yg rel tbts tab DN,mk FDI,FD,UI &IM sgt diperlkn dlm pembyn investasi. Dari ke 4 jns tsb FDI yg plg diungglkn.

Kenapa Dana Asing tsb msk ke Indonesia ???

  1. Ada kepastian returm yg menjanjikan
  2. Kadar kepastiannya tinggi & risiko kcl

Pemasukan mdl dlm bntk ULN wlpn risiko tdk terlalu bsr (?) tetapi dikawatirkan:

  1. Tk kebocorannya tinggi dlm penggunannnya terutm pinj pem.
  2. Kesulitan dlm pembyrn pokok & bunga
  3. Penggunaan dana tdk dpt difungsikan scr optimal
  4. Risiko ketdk berhsln swata DN jg akn kuras Devisa Negara saat jatuh tempo.

DUA PERMASALAHAN PMA & ULN

  1. Kontroversi atau perdebatan terhadap eksistensi PMA dan ULN dalam konteks perekonomian Indonesia
  2. Jalan keluar untuk mengatasi permasalahan tsb dalam konteks perekonomian Indonesia

Kegunaan PMA

1.PMA berprn utk isi kekurgn mdl sb dy antr tk investasi yg ditargetkn dg juml aktual tab domstk yg akn dimobilisasi

2.Mengisi kesenjagn antara target juml devisa yg dibthkn & hsl2 aktual devisa dr exp + banlu netto

3.Mengisi kesenj antra target penerim pjk pem & juml pjk aktual yg dpt dikumplkn

4.Mengisi kesenj dibid manj,smgt kewiraush,m tekn prodksi, ketrampln kerja dll.

Alsn menentang PMA (Todaro 2000:165)

1.Terjd persaingn tdk sht yg bersumber pd perjanj2 prod exlusive ant phk perush multinas dg phk pem.

2.JP perbaiki pss dev neg ttp dlm JPj dmpk negatif yi kurangi dev neg baik dlm nerc transksi berjln (NTB) maupun nerc mdl (NM). NTB bs memburuk krn adanya impor bsr2an ats brs ½ jadi & brg mdl olh perush multinas & diperburuk lg adanya pengirmn kembali laba hsl bunga, royalti,by2 jasa manaj ke neg aslnya.

3.Wlpn perus multinas mmg berikn kontribusi bg penrmaan pem dlm bntk pjk, ttpi dlm praktiknya nilai kontribusi tsb jauh lb kcl. Hal in dsbbkn oleh adanya konsesi2 pjk yg bersift liberal,pemberian fas penmn mdl yg berlebhn, subsidi2 terselubung, serta proteksi tarif yg dibrikan oleh pem neg berkembg.

4. Ketrampln,pglmn manaj,smgt wiraush, tekn, network hub dagang LN yg diberikn tak banyk beri manfaat nyata bg pengemb sb dy & ketrampilan

Keberatan2 thdp perush multinas dpt dirangkum sbb :

1. Implikasi postf yg berikn bg proses pembgn pd kenyataannya tdk merata.

2.Perus multinas umumnya hslkn brg yg sebenarnya tdk sepenuhnya sesuai dg kebthn pendd di neg berkembang

3.Sb dy domestik milik neg berkembng cenderung dialokasikn kpd proy2 yg scr sosial td untgkn shg akn memperlebar ketimpangan.

4.Perus multinas sering gnkn kktn ekon utk pengaruhi,menyuap & manipulasi berbagai kebijakan di NSB

5.Perus multinas berpotensi bsr utk merusak perekon di NSB dg cara menekan timbulnya semgt bisnis wirausaha lokal

6.Dr sisi pol,PMA merup expresi dr rasa kawatir bhw kekuatan ekon perush multinas tsb cpt or lmbt akn kuasai aset2 kekayaan nas & lap kerja domestik hingga akhirnya berpengaruh pd pengambln kptsn pd semua tgktan

UTANG LUAR NEGERI (utang adalah utang)
Sumber-sumber Pembiayaan Indonesia

1. Ekspor

2. Utang Luar Negeri & Dalam Negeri

3. Investasi Asing atau PMA

4. Tabungan Domestik

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TIMBULNYA UTANG

MOTIVASI BAGI NEGARA DONOR:

–        kepentingan ekonomi dan strategis

–        tanggung jawab moral

n  BAGI NEGARA PENGUTANG

–        SAVING INVESTMENT GAP

–        FOREIGN EXCHANGE GAP

–        TRADE GAP
FUNGSI UTANG LUAR NEGERI BAGI INDONESIA

Utang luar negeri telah berfungsi sebagai:

1. injeksi: pertumbuhan ekonomi       Indonesia         dengan cara menutup            defisit APBN dan         neraca pembayaran.

2. infus: kebutuhan yang tak dapat dihindari             (adiktif)

Masalah Utang Negara

n  Utang luar negeri makin sejalan dengan kepentingan neoliberalisme global yang kian mengakar di negeri ini.

n  Artinya, utang itu memang untuk menyukseskan program neoliberalisme melalui IMF, Bank Dunia, Bank Pembangunan Asia (ADB), dan Consultative Group on Indonesia (CGI).

Memelihara Momentum Pembangunan

Konsekuensi logis dari komitmen membayar bunga dan cicilan utang adalah semakin rampingnya konsumsi domestik dan pengeluaran pemerintah. Kebijakan yang termasuk:

1. expenditure reducing berupa kebijakan uang ketat,         penurunan pengeluaran pemerintah, dan             penangguhan proyek-proyek mega sebagai bagian integral dari penyesuaian struktural.

2. expenditure switching: devaluasi, kampanye ACI

Sudahkah Indikator Utang LN mencapai Over Borrowing?

1. DSR (Debt Service Ratio) yaitu rasio antara pembayaran bunga dan cicilan utang terhadap penerimaan ekspor. Batas yang dianggap aman sebesar 20%.

2. DER (Debt Export ratio ) yaitu rasio antara total utang LN dengan penerimaan ekspor dengan batas aman sebesar 200%

3. DGNP (Debt GNP ratio) yaitu rasio antara utang LN total terhadap produk nasional bruto dengan batas aman 40%

PARIS CLUB III

n  Penjadwalan utang sebesar US$ 5,4 milyar yang jatuh tempo antara April 2002 hingga Desember 2002.

n  Syarat:

–        pinjaman lunak/Official Development Assistance (ODA) dijadwalkan kembali dengan masa pelunasan 20 tahun termasuk tenggang waktu 10 tahun

–        pinjaman non_ODA dijadwalkan kembali dengan masa pelunasan 18 tahun dengan tengggang waktu 5 tahun.

Tingkat beban utang suatu negara diukur al dg :

1. Debt service ratio

2. Debt to gnp ratio

DSR beberapa negara Asia (dalam persen)

Kondisi Utang Indonesia

n  Menurut data terakhir BI ,ULN Indonesia Jan-2010 ,sudah mencapai US$174,041 miliar (+/- Rp 2.000 Triliun) terdiri dari utang pem :US$93,859 M,ULN swasta US$75,199,ULN bank US$8,984 M dan utang domestik 2006 : Rp658 triliun.

n  Setiap tahunnya pemerintah harus membayar cicilan utang luar negeri yang jatuh tempo Rp96 triliun, ditambah beban utang dalam negeri Rp60 triliun, sehingga setiap tahun Indonesia harus membayar utang Rp150 T – Rp170 T.

Kondisi Utang Indonesia

n  Sedangkan batas rasio utang yang aman menurut penelitian IMF (2005) adalah 35% – 42% terhadap Produk Domestik Bruto ( PDB). Batas ini pun secara rasional masih berada di atas Debt Service Ratio (DSR) dan ambang psikologis Meksiko yang rasionya mencapai 30%-40% dari PDB. Misalnya negara Meksiko pada saat akumulasi utang luar negerinya mencapai angka US$100 miliar, pada saat itulah Meksiko mengalami kehancuran dan terpaksa ngemplang atas utang-utangnya. Sedangkan pada 1994 saja, akumulasi utang luar negeri Indonesia (pemerintah dan swasta) sudah mencapai US$101 miliar.

Cont……

n  Apalagi pascakrisis ini, indikator utang Indonesia jauh lebih buruk lagi dari negara Amerika Latin pada waktu itu, di mana sekarang ini Indonesia telah memiliki rasio utang terhadap PDB 50%-52%.

n  Anggaran yang mestinya untuk memerangi kemiskinan telah habis terkuras untuk membayar cicilan utang yang menurut data Koalisi Anti Utang (KAU) pada tahun ini mencapai Rp69,8 triliun. Padahal angka Rp69,8 triliun itu mestinya dapat memenuhi target anggaran minimal 20% untuk pendidikan, kesehatan dan bantuan bencana alam.

n  Dalam APBN-P 2006, pos anggaran untuk kehidupan rakyat jumlahnya jauh di bawah kebutuhan, yaitu anggaran kesehatan hanya Rp3,7 triliun, untuk bencana alam Rp1,8 triliun, dan untuk fungsi lingkungan hidup Rp4,4 triliun.

PENYEBAB TIMBULNYA KRISIS UTANG

1. Sistem moneter internasional

2. Sistem perbankan swasta internasional

3. Faktor dari negara peminjam :

a. Hubungan antara      peminjam dan       investasi

B. Capital flight

Manajemen krisis utang

Pendekatan Case by Case :

n  Kebijakan yang diterapkan di suatu negara tidak selalu sama.

n  Utang Pemerintah:

n  Paris Club

Bentuk- bentuknya :

v     Perpanjangan tenggang waktu pengembalian

v     Pengurangan tingkat bunga

v     Pengunduran waktu pengembalian

v Keringanan utang termasuk diantaranya     penghapusan utang itu sendiri

Perlukah Indonesia berhenti Berutang?

1. Volume utang Pemerintah secara keseluruhan sudah sangat besar

2. Cicilan pokok dan bunga utang yang harus dibayar pemerintah setiap tahun sudah makin jauh melampaui kemampuan keuangan negara

3. Sudah menjadi rahasia umum bahwa sekitar 30% APBN menguap tak tentu rimbanya

Solusi Mengatasi Utang

1. Solusi yang paling sederhana mengatasi utang luar negeri adalah dengan mengoptimalkan restrukturisasi utang, khususnya melalui skema debt swap, di mana sebagian utang luar negeri tersebut dikonversi dalam bentuk progran yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat, pemeliharaan lingkungan, dan sebagainya.

2. Selain itu, perlu dioptimalkan upaya meminta pemotongan utang atau meminta pembebasan utang dengan memberi alasan logis dengan disertai fakta-faktanya.

SOLUSI UTANG LUAR NEGERI (Ringkasnya)

1. Restrukturisasi utang

2. Debt-relief (keringanan utang)

3. Debt moratorium

4. Konversi utang

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s