Perekonomian Indonesia Sesi I

Kondisi perekon Orla

Kond perekon Orla dibagi menjadi :

a. Kond perekon Kabinet Parlemeter (1945- 1960).

b. Kond perekon Kabnt Presidenssil (Demokrasi Terpimpin – 1960-1965)

Perekon Indonesia  1945-1965

1).Perekon Ind 1945-1951 ; Mempersatukan kelompok pribumi utk bisa mengembangkan aktivitas ekon Ind.

2).Perekon Ind 1952-1954 (Soemitro Plan I), bertujuan :

a)BNI 1946 hrs dinasionalisir krn msh ada saham Belanda didlmnya

b) Membrkn ksmptn seluas-luasnya kpd pribumi utk mengambil alih perusahaan2 Belanda

c) Pem ambl alih perush pelyrn yg msh dikelola Belanda (sekarang menjadi PELNI)

3) Perekon Ind 1955-1960; Meningktkan kesra namun blm tercapai, keburu Dekrit Presiden Sukarno 5 Juli 1959.

4) Perekon Ind 1960-1965 : Ind mulai berhub dg dunia luar (exim), mulai ada pinj LN ( 2,5 M US$) namun sbgn bsr utk merebut Irian Barat dan pemb Infra Struktur (Jemb Semanggi, Jembt Ampera/S.Musi, Mesjid Istiqlal, Bend Jatiluhur, Istora Senayan). Kmdn peristiwa G30S/PKI,terjadi sanering uang Rp 1000,- jadi Rp 1,-

5. Peristiwa Super Semar, PKI dibubarkan dan terjadi SI MPR ,Sukarno jatuh Suharto dilantik sbg Presiden (1966)

Perekon Orba

1. Pelita 1 (1969-1974): Perek yg didukung sektor Industri. Trilogi pembg yi Stabilitas Nas, Pertumbh Ekon, Pemerataan .Export Ind didominasi bhn mentah (prod primer).

2. Pelita 2 (1974-1979): Perubh urutan Trilogi pemb yi Pertimbh ekon,Pemerataan dan Stab nas. KNOP 15 Nop 1978 isinya: masy hrs mencintai prod DN,mendorong export dan memberikan tarif spesifik bg brg import.

3.Pelita 3 (1979-1984) : Trilogi berubah menjadi : Pemerataan pemb & hsl2nya, pertumbh ekon yg ckp tgg, Stab nas yg sehat & dinamis.Terdpt deval rph 30 Mart ’83(1$=Rp937,-) . Gebrakan Sumarlin I 1 Juni ’83 deregulasi perbankan sbb disinyalir peminjam uang BI dislh gnkn.

4. Pelita 4 (1984-1989) : Kbjkn devaluasi 12 Sept ’86 krn bnyk produk2 Ind yg digudangkn di LN & aliran kas msk berkurang (kebjk BOP/balance of payment dlm NK Negara). Kbjkn deregulasi 27 okt ’88 (deregulasi & debirokratisasi), bank2 mdh pendiriannya.

5. Pelita 5 (1989-1994): Kebjkn TMP utk atasi inflasi mengkt tajam (Gebrakan Soemitro II)

6. Pelita 6 (1994-1999): Pengalihan dana pembg ke Ind tmr yg sblmnya 75% KBI dan 25 % ke KTI menjadi 40% KBI dan 60% KTI. Muncul krisis mt uang,krisis moneter sd krisis ekon 1997-1998.

Perekon masa transisi (akhir pem Suharto )

  1. Krisis multidimensi trs menimpa Ind
  2. 8 Okt 97 Pem Ind minta bantuan IMF, dan dibantu 40 M US$, al 23 M US$ sbg perthn lapis I
  3. 16 Bank Swasta dttp krn tdk sehat -> awal kehancuran perek Ind.
  4. Pinj 2 kl 3 M US$ tdk membkn baik perek, mk Ind hrs bekerja sama sepenuhnya dg IMF dg alasan :

a. Ind sdh tdk menerima L/C dr bank2 nas &      bank  LN sbb Ind sdh tdk dipercaya  bs selesaikan krisis scr mandiri, mk Ind hrs                      melkkn kemitraan ush sepenuhnya  dg  IMF.

b. Ind butuh 22,4 M US$ thn 1998 atau 1,9 M US$/bln,smtr cad BI hny 14,621,4 jt US$. Kbthn byr ULN 20 M US$ th 1998.

  1. Terjadi LOI (Letter of Intent 97) dan MTKEK (Memorandum tambahan ttg kebijk Ek Keu, 98)

Isi MTKEK :

> Program Stab psr uang & cegah hiper           inflsi

> Restrukturisasi Perbankan (kshtn        perbankan nas)

> Penyel ULN Swasta dg lbtkn pem lb bsr

> Bantuan utk rakyat kcl , kelompk ek lmh.

Penyel tak kunjg baik mlh terjadi krisis pol dan Presdn Suharto mundur 21 Mei 1998 dan BJ Habibie dilantk sbg presiden 23 Mei 1998.

Pestasi Habibie perbaikan nilai tkr rupiah dr Rp 16.000,-/ US$ menjadi Rp 6.000,-/US $, nmun KKN ttp shg masy menyebut masa transisi

Dan thn 1999 pemilu PDIP menang pemilu namun Gus Dur yg jadi presiden dan dilantik 20 Okt 1999 sbg AWALPEMERINTAHAN REFORMASI

Kisah sukses pertmbhn ek Ind era Orba , menympn 2 kelemahan

  1. Pertmbhn ek terdpt 4 klmhn yi ;

a. pertmbhn ek  yg tggi krn pergrkn nilai       tkr

b. pertmbhn ek krn hsl explotasi sda yg        un-    renuwable

c. ULN sbg penopang ec-growth (EC)

d. Distrib EC tdk merata & kaum ky yg       nikmati.

2. Manajemen pemb dikontrol oleh pem otoriter berakibat krisis akumulatif shg pem keilangan kepercayaan dr masy. Shg masy punya ratio sendiri yg sll bertlk blkg dg pem, berakbt kebijk pem tdk berjalan effektif

Sbg ttk balik rationalitas masy sdri mk tujuan reform Ind dpt disederhnkn sbb :

  1. Pergsrn kgtn & aset ekon drtersentralisir ke daerah2 terut luar jawa
  2. Pemindhn kepmlkn BUMN dgntk Swasta scr selektif
  3. Pengurangn ketimpgn pendptn & aset prod yg dipgn segelintir orang
  4. Bank sentral dipegang lembg independen bkn pem
  5. Pengurangn ULN scr maximal
  6. Desentralisasi kebijk ekon
  7. Penangan sektor pertn scr serius
  8. Promosi UKM-IKM agr tak ketggln dg UB
  9. Pencptn lap kerja baru lbh cpt
  10. Pengurangan jumlah orang miskin scr max.

Gejala umum :

  1. Dunia berubah cepat terutm bid pol-ek.
  2. Sistem Pol dr rezim otoriter ke rezim demokrasi
  3. Sitem ek lbh kearah ramah pasar (market friendly) terutm neg2 ex perek sosialis (eropa tmr & bbrp asia)
  4. Perub ek dipicu krn krisis ek & bengkak ULN yg berakibat stagnsi ekon.
  5. Semua berakibt memberdykn institusi psr mell privatisasi & liberalisasi.
  6. Kebijakan Substitusi import dipromosikan di neg berkembang utk atasi defisit nerc pembyrn shg neg maju peroleh surplus lbh bsr dr neg berkembang.
  7. Perbh perek dr intervensi neg (central planning) ke manajmen psr (market mechanism)

Reformasi & transisi ekon

1.Mdl br kgtn ek kedpnkn psr sbg instrm ek dan ini akibat peran LK Multilateral (WB, IMF) .

2. WB : penymbhn perek neg dg restrukturisasi ekon (RE).

3.Tujuan RE : menghpskn ketdk seimbangan ekon (penyls BOP,kurangi inflasi & ciptkn kond pengktn pendptn)

4. Reform mengacu ke upy mengubh penampkn sistem, sdg transisi upy mengubah pola satu ke pola lain bkn menuju  proses kebijkn

5.Dlm neg kapitalis tulen RE adl proses evolusi yg berlgs otomatis, sdg neg sosialis RE sbg proses revolusi krn sistem pol sgt rigid dlm menerima perubhn shg aspek pol ikt berperan.

6. RE dikatagorikan 2 : a. Big Bang  Approach , proses cpt-simultan jk ingin berhsl. b. Gradualist apprch,dikerjkn scr berurutan & bertahap, utk meminimalkn penolkn kelmpk2 yg akan tersingkir.

RE Model Asia dan Eropa Timur

1.Dekade ’80-’90-an Asia & ET mlkkn transisi ek dr desakan internal & external

(Asia : RRC,Laos,Vietnam,Myanmar, Mongolia. Sdg ET : Poland,Ceko,Honga, Rusia)

2. Asia dg pola Gradual App / gradual & sistematis.Dan mentk brtkn strategi bottom up pd level mikro-ek ,reform kelembgaan (pertn-indstri-reform hrg dan reform makro-ek spt fiskal –moneter-perdag LN)

3. ET dg pola Big Bang App  yi mengganti sistem perenc yg sentralistik ke sistem ek-psr bbs scr cpt.

4. RE Ind ; bid ekon sbg prioritas bid lain spt pol sbg pendukung. Konsekwensinya :

a.paradigma stab-pol menjdi sbr utm dr pencapaian keberhsln pembg ekon.

b.Slrh potensi konflik pol dimandulkn

c. Dg jamn stab-pol pembg ekon domestik scr        teratur & terorgnsr bs dirancng –dijlnkn

d. FDI dpt msk aman

e. Ind krn trbts dana mk khdrn FDI & ULN mtlk diperlkn

Perek masa Reformasi

1.Masa pem Gus Dur rakyat menghrp penyelsain al : a. KKN , b.Supermasi hkm, c.Tragedi Trisakti, Semanggi I,II, d.Peranan ABRI dlm pol, e.maslah disintegrasi.

Utk perek : a. PDB +, b.pertmb ek 5%, c. laju inflasi & SBI rendah cerminkan moneter stabil.

Namun konflik Gus Dur dg DPR shg tdk terselesaikan al :

a. Problem DN spt Aceh,konflik etnis di Maluku dan Kalimantan

b. Hub Pem dg IMF kurang baik trtm ttg amendemen  UU No 23 Th 99, otda ttg kebebasan daerah utk ULN,revisi APBN 2001

c. Sebab point b mk IMF menunda pencairan pinj Ind.

d. Country Risk Ind meningkt & Investor asing mulai tdk percaya pd Ind wlpun pd jgk pendek (IHSG negtf, menyederhanakan krisis, bea impor mbl mewah 5% (kcl) shrsnya 75% , Kurs $ menjadi Rp 12.000,-

Hal ini berakibat pemulihan perek Ind terhambat sbb : a.Perek Ind msh tgt impor baik utk brg modal,pembantu,komp,bhn baku,konsumsi. b. ULN Ind pem & swasta msh sgt bsr.

Reformasi Perekon Vietnam

  1. Seluruh BUMN wajib lapor & daftar ulang utk bs lanjtkn oeprasional  scr legal . Komite Pernc Nas (State Palnning Comitee) bertgg jwb utk eval prop yg diajukn BUMN & memutskn BUMN mana yg miliki potensi berkembng tanpa dibantu.

2.   Th 1995 mngnt sentralisasi BUMN diganti dbwh Dep Keu. Pd wkt yg sama UU BUMN dirbh membrkn otonomi mangnt lb bsr , perbaiki supervisi, membtasi tgg jwb  keu neg  utk tujuan komersiil BUMN.

3. Thn 1996 separoh lbh BUMN dikelompkn dlm 18 perush induk (big state holding) sbg Perush Umum (general corporation)

4. Sepuluh BUMN dijual kpd pekerja sbg pemegang shm dan sbgn dijual investor diluar pekerja termsk investor LN.

Awal 1990an kapitalisme sbg virus dunia termsk msk ke Eropa Timur. Benturan2 terjadi shg menjebol tatanan pol Eropa Timur. Akhirnya disadari bhw perubhn ekon bs dilkkn tnpa hrs mengubah tatanan/struktur pol yg ada wlpun pem bersifat otoriter.  Contoh : China.

Program Reform Ekon dpt dikelompokkan menjadi 2:

n  1. Kelomp Kebijak transisi brp Stabilisasi mell instrumen makro ekon : dal uang, anggrn, pndptn &perdag. Kmdn diikuti instrumen mikro : stab hrg, pengktn upah, jaring pengaman, perluas kelibtn swasta

n  2. Dkgn privatisasi brp psr & infra struktur.Privats jk pndk mobilisasi IKM,jk pjg menysn kktn indst bsr.

n  Reform ekon berjl mulus dg syarat : reform ekon sistematis & didukung sistem pol yg adaptif.

Tujuan reform sbgn bsr inherent dg WB & IMF yg menjadi “penopang” Indonesia saat krisis.

  1. Namun msh bnyk ssrn lain yg bkn menjadi fokus dr lembg multinas (WB & IMF), shg shrsnya pem dpt mlkkn sbb:
    1. Pem mnjlnkn ssrn transformasi ekon yg bkn prioritas lmb multinas namun sebangun dg pencapaian ssrn lainnya.
      1. Mengintegrasikn ssrn tsb dg fokus kebijaks yg tlh disepakati dg lmbg multinas .
      2. Diperlukn kemampuan anls ekon scr cermat. Mis: ssrn privats bs digandeng dg pencipt lap kerja, otda dg promosi ukm-ikm & pengemb pembg pertan.
      3. Reform ekon gen kedua WB-IMF dijdkn 1 paket dg penguatan institusi.

Reform ekon gen kedua WB-IMF dijdkn 1 paket dg penguatan institusi.

  • Kegagalan pem dlm reform ekon slh satunya krn hal tsb diatas, ketika institusi yg ada tdk dpt  menopang kebijakan2 yg diproduksi.
  • Oki dlm proses pembtn kebijak hrs dinetralisir dr kelomp kepentingan, jk menygkt reform ekon jgn abaikan suara2 rakyat.

4 kritik pembgn ekon ind pd Orba (Hill ’96 / indonesianist dr Australia):

  1. Pertumbhn ekon krn pergerakan nilai tkr
  2. Pertmbhn ekon jg hsl exploitasi SDA yg un-renewable
  3. Mngktnya utang LN stlh cad miny DN menipis sbg mdl pembgn ekon
  4. Hsl pembgn dinikmati lb bnyk kaum ky dp kaum miskin
  5. Mnjmn pembg dikontrol oleh pem otoriter shg hslkn krisis akumulatif yg berakibt hlgnya keprcayaan masy thdp apapun yg dikerjkn pem, shg pemulihn ekon yg dlkkn pem scr teoritik dpt dipertgg jwbkn namun direspon masy dg sikap negatif.
  6. Rational expectation yi masy memiliki rasionalitas sdri yg bs jd bertlk blkng dg pem shg hslny tdk effektif.

Dg alsn2 diatas mk tujuan reforms ekon Indonesia :

1. Pergsrn kgtn & asset ekon dr sentralisasi di Jawa ke daerah2 tertm Luar Jawa.

2. Pemindhn kepemilikan BUMN ke Swasta Nas scr selektif.

3.Pengurangan ketmpgn pendptn & asset prod yg dipegang segelintir orang

4. Pergesrn Manj Bank Sentral yg semula dipegang pem ke independent

5. Pengurangan/penghpsn ULN

6. Desentralisasi kebijak ekon

7. Penanganan sektor pertan scr lb serius

8. Promosi IKM agr bs kejar Indstri Besar

9. Penciptaan lap kerja baru lb cpt

10. Pengurangan jumlh orang miskin yg smkn bertambah akbt krisis ekon

Agenda yg terabaikan :

  • Memformulasikan sistem jaminan sosial (social security system) .

Hal ini sgt mendesak mengingt terdpt fakta2 yg sgt memprihatinkan yi al :

  1. Akses kesehatan masy smkn terbts
  2. Pelyn pendd yg menyedihkn
  3. Ketersediaan air bersih yg sgt tipis
  4. Angka penganggurn trs membengkak
  5. Kemiskinan smkn tdk teratasi
  6. Ketiadaan perlindgn thdp anak2 terlantar

Masalah2 tsb tdk ckp diselesaikan dg regulasi ekon ttpi jg hrs dibarengi dg sistem jaminan sosial.

Contoh ;

Jerman yg sjk awl sdh memiliki sistem jamn sosial yg mpn, akhir2 ini jg hrs melkkn reform krn tdk sanggup menghadapi patologi sosial, spt kelangkaan dana publik, penganggrn mengkt, tk kelhrn mnrn.

Program Pembaruan SJS Jerman 2003:

  1. Pembaruan keu pem lokal/kota utk perkuat pss keu utk anggrn publik.
  2. Pembaruan sistem kesehatan agr tdk kedap dg perubhn sosial.
  3. Pembaruan psr TK dg jln memotong non-uph TK. Dg prgrm mini job, plynn CTK utk cr kerja.
  4. Pembaruan Perpajakan utk kurangi bbn rakyat/korporasi

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s