Kemiskinan Dan Kesenjangan

Masalah besar negara berkembang

  1. Ketimpangan dlm distribusi pendapatan antara kelompok masy berpendptn tinggi dan kelompok masy berpendptn rendah.
  2. Tingkat kemiskinan atau jumlah orang yg berada di bwh grs kemiskinan

Pertanyaannya :

  • Brp batas garis kemiskinan suatu negara ?
  • Bgmn cr ukur ketimpangan distrib pendptn?

Kemiskinan dpt diukur dengan atau tanpa mengacu kpd grs kemiskinan

  1. Konsep yg mengacu kpd grs kemiskinan disebut kemiskinan relatif : tgkt pendptn rata2
  2. Konsep yg pengukurannya tdk berdsrkn grs kemiskinan disebut kemiskinan absolut : kbthn kalori min + kompn non mkn utk survive. Kemiskinan absolut = kemiskinan ekstrim.

Hubungn ant pertumbhn & kesenjangan

Semakin tinggi pertumbuhan PDB atau smkn bsr pendptn per-kapita semakin bsr perbedaan antara kaum miskin  dan kaum kaya ??????

Jantti (1997) smkn bsrnya ketimpangan dlm distribusi pendptn di negara2 tsb disebabkan  oleh pergeseran2 demografi, perubhn psr buruh & perubhn kebijakn2 publik.

Hipotesis Kuznets

Dg data antar neg (cross section) dan time series ditemukan bhw terjadi relasi (hub) antra kesenjangan pendptn & tk pendptn perkapita  berbentuk U terbalik.

Hsl ini diinterpretasikan sbg evolusi dr distribusi pendptn dlm proses transisi suatu ekon pedesaan (rural) ke suatu ekon perkotaan (urban) or ekon industri

n  Awal proses pemb, terjadi ketimpangan  dlm distrib pendptn naik, akbt proses urbanisasi & industrialisasi, namun pd akhir proses pembngn ketimpngn pendptn menurun yi pd saat sktor industri di perkotaan sdh dpt menyrp sbgn bsr TK yg dtg dr desa (pertn) atau pd saat pangsa pertn lb kcl didlm prod & penciptaan pendpt.

Apkh hipotesis Kuznets sll benar ?

Dr bbrp penelit time series di bbrp neg tdk terbukti U terbalik, hal ini tgt dr bsr-kclnya country level effect thdp perubhn distribs pendptn. (World Bank ‘90, Field ’89, Jakubson 93, Ravallion ’95)

Field -> berbntk U yg sbnrnya  dg fixed effect model & memasukkan country level effects

Korelasi antr pertumbhn & ketimpangan :

Log Gkt = α + b Log Wkt + α k + ∑ kt

Keterangan :

Gkt = index Gini pd wil k periode t

Wkt = tk rerata konsumsi (ratio kesej) di wil k periode t

αk    = effek2 lokasi yg ttp or acak

∑ kt = fktr kesalahan

Hub antra pertumbhn & kemiskinan

Hub ant pertumbh & kemiskinan tdk jauh berbeda ant hub pertumbhn & kesenjgn.

Elastisitas ktmpgn thdp pertumbhn adl suatu komp kunci perbedaan antr effek bruto (ketimpgn konstan) dan efek neto (efek dr perubhn ketimpgn  thd kemiskinan)

Elastisitas neto (Y), elastisitas bruto (£),pertumbhn (ß)  elastisitas dr ketimpgn (ó), maka : £ = Y + ßó .

Utk mndptkn elastisitas bruto dr kemiskinan thdp pertumbhn & elastisitas dr kemiskinan thdp ketimpangan (pertumbhn sbg var yg dpt dikontrol) sgnkn pers :

Log Pkt= W + Log Wkt+ Log Gkt + Wkt + Vkt,

Dmn :

Pkt = kemiskinan utk wil k periode t;

Wkt = Tk rerata Konsumsi utk wil k periode t,

Gkt = index Gini utk wil k periode t;

Wk = efek2 yg ttp or acak ,

Vkt= error terms

Bbrp indikator kesenjangan & kemiskinan

Dlm mengukur tk kesenj dlm distribs pendptn dibagi dlm 2 pdktn : a.axiomatic approach dan b.stochastic dominance. Yg sering dgnkn adl axiomatic approach dan terdpt 3 alt ukur yi :

1. Rumus GE:

GE (α) =___1_ {1/n ∑(yi/ ÿ)º – 1} ,

α² – α

Dmn : n = juml individu dlm sample,

y = pendptn individu dlm sample

ÿ = (1/n) ∑ y adl ukrn rerata pendptn

Nilai GE terletak antr 0 – tak terhingga , artinya 0=distrib merata & tak terhingga = kesenj sgt bsr

2. Rms Atkinson

A= 1- { 1/n ∑ (yi/y) 1- €  – 1}

Dmn :

€ = parameter kesenj, 0< € <1, smkn tgg nilai € smkn tdk seimbg pmbgn          pendptn

Nilai A : 0 sd 1, 0 artinya tak ada kepincgn dlm distrib pendptn

3. Ratio Gini:

Gini = 1/2n² – ÿ ∑ ∑ I y1-yj I

Nilai Gini berada diantara angka  0 – 1,

Bila  ratio Gini = 0 , berarti kemerataan sempurna (setiap orang mendpt porsi dr pendptn yg sama).

Bila ratio Gini = 1 , berarti ketidak merataan yg sempurna dlm pembagian pendptn

Index Gini :

0,2-0,35 ; rendah, berarti kemerataan hmpr sempurna

0,36-0,49 sdg, berarti kemerataan kurang sempurna

0,5-0,7 tgg, berarti kemerataan mendekati tidak sempurna

Cara  Bank Dunia (WB) dlm mengukur kesenj dan kemiskinan

Juml pendd dikelompokkan dalm 3 grup :

  1. Pend yg berpndptn rendah = 40%
  2. Pend yg berpndptn menengah = 40%
  3. Pend yg berpndptn tinggi = 20%

Mnrt WB tk ktdk merataan tgg bila kelomp berpnptn rendah bila kel a. hny menerima < 12% dr juml pendptn, ktdk merataan sdg bl mnrm 12%-17% dr juml penptn & lb bsr bila menerm > 17%.

Cara mengukur kemiskinan Foster dkk (1984).

Terdpt 3 indktr kemiskinan :

  1. The Incidence of Poverty (%ase kel yg hdp dibwh grs kemiskinan), lazim sbg the poverty headcount index = index H
  2. The depth of poverty ,gbrkn kemiskinan diwil = the poverty gap index (PGD) : index ini mengestimasi jarak/perbedaan rerata pndptn org miskin dr grs kemiskn sbg suatu proporsi dr grs tsb
  3. Pa = (1/n) ∑I { z-yi)/z}ª utk semua yi < z
  4. Pa sensitif thdp distrib jk a >1. Bgn {(z-yi)/z} adl perbed ant grs kemiskinan (z) dan tk pendptn dr kelomp ke i kel miskin (yi) dlm btk suatu %ase dr grs kemisknn. Sdgkn bgn {(z-yi)/z}ª adl %ase exponen dr bsrnya pendptn tekor & kl dijumlahkn dr semua org miskin dan dibagi dg jumlh populasi (n) menghslkn index Pa.
  5. 3. The severity of poverty yg menunjukkan kepelikan kemiskinan di wil ttt. Diukur jg dg PGD yg memperhtgkn tdk hny jrk yg memisahkn org miskin dr grs kemiskn ttpi jg ketimpgn diantr org miskin.

Kelemahan ratio H

Ratio H dpt mengukur brp bsr bgn dr populasi di neg yg miskin, tetapi tdk bisa menjelaskan bgmn parahnya kemiskinan tsb.

Oki peneliti lbh tertarik pd : rerata bsrnya kekurangan pendptn org miskin & bsrnya ketimpgn pendptn antara org miskin yi;

Sen poverty index (memasukkan koef Gini & rasio H) : S=H {I + (1-I) Gini}

I =  juml rerata defisit pendptnr dr org miskin sbg %ase dr grs kemiskinn

Apbl slh satu faktr naik mk tk kemiskinn bertmbh bsr

Selain itu kemiskinan reltf dpt diukur dg Kurva  Lorenz dan Koef Gini

Temuan Empiris

  1. Distribusi pendptn

BPS di Ind menggnkn metode cr mengukur pendptn dr pengel konsumsi.

Metode ini mempy klmhn serius sbb akan terjadi pendptn under estimate .

Alasn : a.pengelrn konsumsi =/pendptn yg dtrm, mgkn ada yg di saving ,atau beli dg credit card., b.pendptn(income) berbeda dg kekayaan (wealth)

Cara mengukur keberhsln pembgn

  1. Laju pertumbuhan output (pangsa export, diversifikasi ekon, peningkatan agregat pendptn), selain PDB,PNB dan PN.
  2. Pola distribusi peningktn pendptn kpd semua anggt masy (Kurve Lorenz)

Ternyata dlm Kurve Lorenz : Ind lbh cembung/melebar keluar dp Swiss yg lbh ramping menuju grs equity. (grs kemerataan sempurna). Sdg Ind hny 10% pendd yg menikmati 90% juml pendptn nasional (1997).

Delapan (8) jalur pemerataan (ORBA)

Pem menyadari ketimpangan distrb pendptn mk dibuat program 8 jlr pemerataan yi:

  1. Pemb Koperasi & UMK
  2. IDT
  3. Program Kel Sejahtera
  4. Program KB
  5. Program Makanan Tambhan bg anak SD
  6. Program transmigrasi
  7. Peningkatan UMR
  8. JPS / Social Safety Net

Hsl upy pem Orba utk tgktkn pemerataan pendapatan (1965-1997)

1.Pada 1965-1970:

a. Laju pertumbhn PDB rerata/thn 2,7%

b.Index Gini rerata/thn 0,35

2. Pada 1971-1980 :

a. Laju pertumbhn PDB rerata/thn 6%

b. Index Gini rerata/thn 0,40

3. Pada 1981-1990 :

a. Laju pertumbhn PDB rerata/thn 5,4%

b. Index Gini rerata/thn 0,33

4. Pada 1991 – 1997:

a. Laju pertumbhn PDB rerata/thn 5,4%

b .Index Gini rerata/thn 0,36 (desa 0,26-0,31, kota 0,33)

Ksmpln : terjadi perbaikan distrib pendptn di perdesaan :

1. Urbanisasi dr desa ke kota (Lewis) shg perekon desa pstf : ksmptn kerja prodktf, tk prod, rerata pendpt masy desa meningkat. Akbt di perek kota : over TK, pengangguran naik, laju pertumbhn gaji menurun.

2. Strktr psr & distorsi yg beda kota dg desa.

Didesa juml & luas msg2 sektor kcl, strktr psr yg sederhana berakbt  distorsi psr jg kcl, shg ksmptn berusaha individu lbh bsr.

3. Dampak postf dr proses pembg ekon nas

a. Smkn bnyk kgtn ekon diluar pertn di      perdesaan berakbt menambh ksmptn           kerja dan menambh pendptn petani.

b. Th prod & pendptnnTK pertn mengkt     krn       pemakaian tekn, saprodi yg lb baik,   permntaan psr dom & export kom pertn        meningkt.

c. Pot SDA di perdesaan smkn baik dimanfaatkn   oleh pendd desa smkn opt.

Kesemuanya berakibat ratio upah perdesaan dg perkotaan dr 57% (‘90) menjadi 65% ‘97)

Analisis :

  1. Trickle down  effect ada, nmn sbrp bsr efek tsb dan brp lama br klhtn jelas dampk postf dr pemb nas yg dipstkn di perkotaan yg dpt dirasakan di perdesaan.
  2. Perbedaan index Gini, terdpt kesenj antr sktr & didlm sktr sdri.
  3. Ada perbaikan distrib pendptn.
  4. Ada gaji bruto dan gaji neto, terdpt variasi krn  krn tk intensifikasi pjk yg berbeda.

5.   Prn pjk pd sktr informal lmh or tdk ada, penurunan ketimpgn distrb pendptn ke 2 sktr kcl sekali

Hub antara pertumbhn dan kesenj pendptn pd tk makro tgt pd Spesifikasi & Proses pertumbuhan

  1. Pertumbh dg tab nas sbg mtr penggerak utm: jk penabung menerima lb bsr dp gaji mk distrib pendptn terkons pd pemilik mdlp (penabung) & akn mengktkn tab nas utk pembg pereknas dg asumsi semua tab diinvestasikan utk kgtn prod.
  2. Kblkn yg pertama, krn effek negtf  thdp ratio tab nas.Terjadi trade off ant pertumbhn dan pemerataan.

Bila tab nas bkn sbg motor penggerak pemb perek nas, lalu neg andalkan apa ?

Kemiskinan

Kemiskinan sgt berkaitan erat al dg:

  1. Kepemilikan Modal
  2. Kepemilikan Lahan
  3. SDM
  4. Kekurangan gizi
  5. Pendidikan
  6. Pelayanan kesehatan
  7. Pendptn per kapita rendah
  8. Minimnya investasi

Peran konsep kemiskinan

  • Konsep kemiskinan agar diperjelas sbb akan menentukan program pengentasan kemiskinan dan keberhasilannya.
  • Perlu diperjelas corak & karakteristik kemiskinan dimasing2 kelomp & daerahnya.
  • Mis : Scot (’79) kemiskinan dlht dr rerata income perkapita. Sen(’81) kemiskinan dlht dr kebthn dsr (basic need)

Bgmn ukrn kemiskinan di Indonesia?

  • Sayogyo (’77) : parameter kemiskinan diukur dr konsumsi beras perkapita yi < 420 kg di perkotaan , 320 kg diperdesaan
  • BPS (’87) : berpatokan angk pengeluaran perkapita yi Rp 20.614,00 utk perkotaan dan Rp 13.295,00 utk perdesaan dihit slm sebulan
  • Sastra atmadja (2003) : kemiskinan absolut dan kemiskinan relatif.
  • Kartasasmita : miskin abslt bl tk pendptn lb rendah dp grs kemiskinan absolut
  • Arsyad (’99): kemiskinan mutlak bl pendptn tdk bs memenuhi kbthn pokok/dsr min yg mgkn org hdp lyk.
  • LP SDM (2003): miskin abslt sbg ktdk mampuan dlm memenuhi kbthn std min hdp.

Kemiskinan berdsrkn pola waktu ;

  1. Persistent poverty (miskin kronis,trn mnrn)
  2. Cyclical poverty (miskin mengikuti cyclus perek scr keselrhn)
  3. Seasonal poverty (miskin msmn)
  4. Accident poverty (miskin krn bencana alam, perang/konflik)

Kebijakan pengurangan kemiskinan

> Pelaks pembgn tdk semata kejar pertumbh tp juga pemerataan.

> Pem keluarkan 69 program  penanggulangan kemiskinan (siaran pers 2003), sistem desentralisasi memgknkn pelyn masy miskin lbh baik.

> Namun hsl penelit ttg program taskin hslnya msh sama spt sblm ada program taskin

Program Taskin masa Reformasi al;

  1. DAU
  2. DAK
  3. Penyal kredit mell 14 bank umum utk Unit Kegtn Masy : Rp 32,5 T
  4. Pembntkn Bdn Koord Penagglgn Kemiskinan (BKPK) yg berfungsi koord,katalisator, mediator,fasilitator.

Paradigma baru : orang miskin mrpkn aktor utama. Mk ada bbrp issue sentral upy Taskin :

  1. Taskin bersft local spesific
  2. Taskin dlm otda hrs diikuti perbaikan : a. kebijakan lhn/lendreform,b.terciptanya dem-ekon dg sistem ekon kerakytn, c.dibntk LKM, d.pengktn perawan
  3. Taskin dg pdkt pemb ekon RT
  4. Taskin hrs pengkt prod kel miskin/akar rumput agr pendptn naik,suistanable & pendampingan yg intensif.
  5. 5. Taskin hrs jd agenda nas dg 2 area ssrn :a. ciptkn kebijaks yg dpt tgktn kesra kel miskin mell pengktn pendptn, b.pelyn masy effektif utk jangkau pendd miskin
  6. 6.Taskin sbg gerakan masy (dr ,oleh,utk)
  7. 7.Taskin tdk bs lps dr :a.kond pem yg baik, b.peran jls pem pst & daerah, c.kj sm antr pem-swasta-masy, d.upy pembrdyn bertumpu pd kktn setempt.
  8. 8. Strtg taskin dlm otda hrs memenuhi: a.program sederhana,mdh difahami masy & grkn masy stmpt,b.open menu/masy lokal dpt ruang otonom utk ttkn aktf ekon masy stmpt, c.lbtkn multi stake holders, d.open inform, e.transparansi dana
  9. 9. Operasional strg taskin dilaks menerpkn : koord, katalisasi,mediasi,fasilitasi.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s