Manajemen Strategi dan Perencanaan Strategis

Hakikat Manajemen Strategi :

  • STRATEGI adalah rencana komprehensif untuk mencapai tujuan organisasi.
  • MANAJEMEN STRATEGIS adalah cara untuk menanggapi peluang dan tantangan bisnis atau dengan pengertian lain merupakan proses manajemen yang komprehensif dan berkelanjutan yang ditujuan untuk memformulasikan dan mengimplementasikan strategi yang efektif.

3 Bidang strategi :

  • Kompetensi Unggulan (distinctive competence); merupakan suatu yang dapat dilakukan dengan sangat baik oleh organisasi.
  • Ruang lingkup (Scope) dari suatu strategi yang merinci tentang pasar di mana suatu perusahaan / organisasi akan bersaing.
  • Alokasi sumber daya (resources deployment) organisasi yang telah diproyeksikan, bagaimana perusahaan akan mendistribusikan sumber2 dayanya diantara bidang2 yang merupakan lahan persaingannya.

2 tingkat strategi :

  • Strategi tingkat bisnis (Business level strategy); adalah serangkaian strategi alternatif yang dipilih organisasi pada saat organisasi tersebut berbisnis dalam suatu industri atau pasar tertentu.
  • Strategi tingkat korporasi (Corporate level strategy) adalah serangkaian alternatif strategi yang dipilih organisasi pada saat organisasi mengelola operasinya secara simultan di beberapa industri atau di beberapa pasar.

Penggunaan Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah evaluasi atas kekuatan dan kelemahan internal suatu organisasi yang dilakukan secara hati-hati dan juga evaluasi atas peluang dan ancaman dari lingkungan.

SW ( Internal )

Strengths organizational adalah keahlian dan kemampuan yang menyebabkan suatu organisasi mamppu menyusun dan mengimplementasikan strateginya.

Organizational Weakness adalah kekurangan dan kegagalan yang membuat organisasi tidak dapat memilih dan mengimplementasikan strategi yang mendukung misinya.

OT ( eksternal )

Organizational Opportunities adalah bidang-bidang yang mungkin menghasilkan kinerja yang tinggi.

Organizational Threats adalah bidang-bidang yang meningkatkan kesulitan bagi organisasi untuk berkinerja pada tingkat yang lebih tinggi.

Memformulasikan  strategi tingkat bisnis ( Strategi Generik Porter )

  1. Strategi diferensiasi (differentiation Strategy)
  2. Strategi Kepemimpinan biaya keseluruhan (overall cost leadership strategy)
  3. Strategi fokus (focus strategy)

Strategi diferensiasi  (differentiation Strategy)

  • Strategi yang berusaha membedakan dirinya sendiri dari kompetitornya melalui kualitas produk dan jasanya.

Strategi Kepemimpinan biaya keseluruhan (overall cost leadership strategy)

  • Strategi yang berusaha untuk memperoleh keunggulan kompetitif dengan cara menekan biayanya dibawah biaya kompetitor.

Strategi fokus (focus strategy)

  • Berkonsentrasi pada pasar regional tertentu, jalur produk tertentu, atau kelompok pembeli tertentu.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s