Kosep Dasar Manajemen

Konsep Dasar  Manajemen

Anda akan dibantu untuk lebih percaya diri dalam melihat dan memahami kehidupan masa depan dalam lingkungan yang penuh tantangan,  dengan harapan apa yang menjadi cita-cita dan tujuan Anda, dapat diwujudkan.

Organisasi

Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerja sama dalam struktur dan koordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu (a group of people working together in a structured and coordinated fashion to achieve a set of goals). (Griffin, 2002)

Bagaimana kerja sama dpt dilakukan ketika karakteristik orang2/kelompok orang yg ada dari dlm organisasi sangat berbeda2, didorong oleh motif yg berbeda2 dan latar belakang yg berbeda2 pula ?

Menurut Griffin paling tdk organisasi memiliki berbagai sumber daya seperti :

  • Sumber daya manusia (Human resources)
  • Sumber daya alam (Natural resources)
  • Sumber daya dana (financial resources)
  • Sumber daya informasi (information resources)

Manfaat Organisasi :

  1. Organisasi wadah untuk melayani masyarakat
  2. Organisasi untuk mencapai tujuan
  3. Organisasi menjanjikan karir
  4. Organisasi tempat memelihara ilmu pengetahuan

Manfaat Manajemen dalam organisasi

Sebagai alat untuk membantu organisasi dalam mencapai kinerja yang tinggi melalui pemanfaatan semua sumber daya yang dimiliki, baik manusia, bahan, uang maupun sumber daya informasi.

Pengertian Manajemen

  • Seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain (Follet,1997)
  • Sebuah proses yang dilakukan untuk mewujud kan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengara-han, & pengendalian orang-2 serta  SD organisasi lainnya (Nickels, McHugh & McHugh ,1997)
  • Seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pencapaian tujuan. (Ernie & Kurniawan, 2005)
  • Manaj sbg suatu bidang ilmu (science) yg berusaha secara sistematis utk memahami mengapa & bgmana manusia bekerja bersama utk mencapai tujuan & membuat sistem kerjasama ini lebih bermanfaat bagi manusia   (Luther Gulick)
  • Merupakan  proses perencanaan, pengorgsasian, pengarahan & pengawasan usaha para anggota org & penggunaan sd  organisasi lainnya agar mencapai tujuan org yg telah ditetapkan  (James A.F Stoner)

Manajemen: Sains atau Seni ?

Manajemen sebagai Sains

  • Pendekatan melalui tahapan sistematis berdasarkan keilmuan
  • Umumnya memerlukan keahlian teknis, diagnostik dan pengambilan keputusan

Manajemen sebagai Seni

  • Pendekatan melalui intuisi dan perasaan berdasarkan pengalaman
  • Umumnya memerlukan keahlian konseptual, kreatifitas dan komunikasi interpersonal

Alasan Mengapa Manajemen Dibutuhkan

  • Untuk mencapai tujuan
  • Untuk menjaga keseimbangan di antara tujuan-tujuan yg saling bertentangan
  • Untuk mencapai efisiensi & efektivitas organisasi

Efektif dan Efisien Kinerja ?

  • Efektivitas kinerja adalah suatu ukuran tentang pencapaian suatu tugas atau tujuan, baik dari kuantitas maupun kualitas.
  • Efisiensi kinerja adalah suatu ukuran yang berhubungan dengan biaya sumber daya yang diperlukan sehubungan dengan pencapaian tujuan / perbandingan antara output riil dengan input yang digunakan.

Efektif dan Efisien Kinerja

SARANA MANAJEMEN –>  6 M

  1. Man
  2. Money
  3. Material
  4. Machines
  5. Methods
  6. Markets

Manajer

Orang yang bertanggung jawab atas  hasil kerja satu orang atau lebih dalam suatu organisasi.

Tanggungjawab manager ?

  • Menciptakan kualitas kehidupan kerja yang baik (Quality of Work Life)
  • Melaksanakan tugas dengan berbagai risiko.
  • Menghadapi tantangan yang ada dengan mengerahkan seluruh tenaga
  • Bertindak sebagai supervisor sekaligus bawahan yang baik.
  • Memberi motivasi kepada bawahan yang mendorong produktivitas.
  • Mencapai target kinerja pada tingkat tertentu

Tipe-tipe Manajer

Tipe-tipe Manajer

Peran Manager dalam organisasi

  • Peran interpersonal
  • Peran informasional
  • Peran pengambilan keputusan

Keterampilan Manajer

  • Conceptual Skill
  • Human Skill
  • Technical skill

Fungsi – Fungsi  Manajemen

  1. Louis A. Allen
    Leading, Planning, Organizing, Controlling
  2. Prajudi Atmosudirdjo
    Planning, Organizing, Directing, Controlling
  3. Henry Fayol
    Planning, Organizing, Commanding, Coordinating   Controlling
  4. John Robert Beishline, Ph. D
    Perencanaan, Organisasi, Komando, Kontrol
  5. Luther Gullick
    Planning, Organizing, Staffing, Directing, Coordinating, Reporting, Budgeting.
  6. Kootz & O’Donnel
    Organizing, Staffng, Directing, Planning, Controlling
  7. William H. Newman
    Planning, Organizing, Assembling, Resources,     Directing, Controlling
  8. Dr. Siagian, MPA
    Planning, Organizing, Motivating, Controlling.
  9. Wilim Sprigel
    Planning, Organizing, Controlling
  10. GR. Terry
    Planning, Organizing, Actuating, Controlling
  11. Lindal F. Urwick
    Forcasting, Planning, Organizing, Commanding, Coordinating, Controlling
  12. The Liang Gie
    Planning, Decision making, Directing, Coordina-ting, Cotrolling, Improving

Proses Kegiatan dalam Fungsi-fungsi Manajemen

Proses Kegiatan dalam Fungsi-fungsi Manajemen

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s