GEMPA 8,9 SR DAN TSUNAMI MENERJANG JEPANG, SERTA PREDIKSI BERDAMPAK PADA INDONESIA

Tsunami Jepang 11 Maret 2011

Gempa 8,8 SR dan Tsunami Hantam Jepang

Gempa bumi kembali mengguncang Jepang, Jumat siang. Gempa berkekuatan 8,8 pada Skala Richter (SR) ini juga memicu tsunami yang menghantam banyak kendaraan dan sejumlah bangunan di pesisir timur laut Jepang, yang dekat dengan episentrum.

Menurut kantor berita Associated Press, gempa mulai terasa pada pukul 14.46 waktu setempat. Sekitar 30 menit kemudian, terjadi gempa susulan berkekuatan 7,4 SR. Badan Survei Geologi AS menilai bahwa gempa pertama berkekuatan 8,8 SR.

Badan Meteorologi Jepang kemudian mengeluarkan peringatan tsunami di seluruh pesisir timur Jepang, yang menghadapi Samudera Pasifik. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Hawaii menyatakan bahwa peringatan tsunami juga berlaku di Rusia, Pulau Marcus, dan Kepulauan Mariana.

Peringatan waspada tsunami juga dikeluarkan untuk Guam, Taiwan, Filipina, Indonesia, dan negara bagian Hawaii, AS. Penduduk ibukota Jepang, juga merasakan guncangan gempa.

Pihak berwenang masih memantau apakah bencana gempa dan tsunami itu telah menimbulkan korban jiwa dan kerusakan parah

Sumber : Vivanews.Com

 

FOTO: Tsunami Menggulung Timur Jepang ( 11 Maret 2011 )

Foto Tsunami Jepang 1

Foto dari rekaman televisi NHK menunjukkan tsunami menggulung kawasan Miyagi pascagempa berkekuatan 8,9 skala Richter, Jumat (11/3/2011).

Foto Tsunami Jepang 1

Foto dari rekaman televisi NHK menunjukkan tsunami menggulung kawasan Miyagi pascagempa berkekuatan 8,9 skala Richter, Jumat (11/3/2011).

Foto Tsunami Jepang 3

Foto dari rekaman televisi NHK menunjukkan tsunami menggulung kawasan Bandar Udara Sendai, Jepang, pascagempa berkekuatan 8,9 skala Richter, Jumat (11/3/2011).

Foto Tsunami Jepang 4

Foto dari rekaman video televisi NHK menunjukkan kawasan yang diterjang tsunami di Fukushima, 200 km utara Tokyo, Jumat (11/3/2011).

Sumber : Kompas.Com

 

VIDEO : Tsunami Melalap Jepang ( 11 Maret 2011 )

Jika Video tidak muncul, silahkan klik link berikut :

 

Grafis Prediksi Tsunami Menuju Indonesia

Grafis Prediksi Tsunami Menuju Indonesia

Grafis yang NOAA, menunjukkan perkiraan waktu tsunami bisa mencapai kawasan pantai di negara-negara tetangga menuju Filipina hingga Indonesia serta kawasan Pantai Barat Pasifik.

Grafis yang dikeluarkan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), menunjukkan perkiraan waktu tsunami bisa mencapai kawasan pantai di negara-negara tetangga menuju Filipina hingga Indonesia serta kawasan Pantai Barat Pasifik.

Pemerintah Amerika Serikat telah menerbitkan peringatan siaga tsunami untuk wilayah Pantai Barat Pasifik dan Hawaii. Tsunami diramalkan terjadi sekitar pukul 02.45 waktu setempat di kawasan Hawaii, sementara di Pantai Barat akan terjadi pukul 07.45 waktu setempat.

Tsunami dipicu oleh gempa dahsyat berkekuatan 8,9 yang menghantam timur laut Jepang, Jumat siang.

Badan Survei Geologi AS (USGS) sebelumnya menyatakan bahwa gempa tersebut berkekuatan 7,9 dan berpusat di kedalaman 24,3 km sekitar 130 km di sebelah timur Sendai, di pulau utama Honshu. Namun, badan itu kemudian menyatakan bahwa gempa berkekuatan 8,9.

Sumber : Kompas.Com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s