Kita Harus Memiliki Rasa Takut

Takut Kepada Allah

Orang penakut bisa dikatakan sebagai pengecut. Namun, tidak halnya dengan orang yang memiliki rasa takut. Keduanya memiliki pengertian dan makna yang berbeda. Penakut lebih mengarah pada emosi jiwa yang terfleksi pada sifat dan sikap dan biasanya memiliki konotasi negatif, sedangkan memiliki rasa takut lebih berkaitan dengan hati dan perasaan.

Mengapa kita harus memiliki rasa takut ? Dan rasa takut yang bagaimana yang harus kita miliki? Hanya ada satu rasa takut yang harus benar-benar terpatri dalam hati kita yaitu takut kepada Sang Khalik Illahi Rabbi.

وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَيَخْشَ اللَّهَ وَيَتَّقْهِ فَأُولَئِكَ هُمُ الْفَائِزُونَ (٥٢)

“Dan barang siapa yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya dan takut kepada Allah* dan bertakwa kepada-Nya, Maka mereka adalah orang- orang yang mendapat kemenangan.” (Q.S. An-Nur : 52 )

* Yang dimaksud dengan takut kepada Allah ialah takut kepada Allah disebabkan dosa-dosa yang telah dikerjakannya, dan yang dimaksud dengan takwa ialah memelihara diri dari segala macam dosa-dosa yang mungkin terjadi.

Takut kepada Allah SWT adalah salah satu wujud tebalnya keimanan. Orang yang dalam hidupnya diselimuti ketakutan-ketakutan kepada selain Allah, sesungguhnya imannya masih lemah. Takut kepada Allah SWT bukan berarti harus menjauh dari-Nya. Justru orang yang takut kepada Allah SWT akan senantiasa mendekat untuk memohon ampunan dan mencari keridhaan-Nya.

Bagaimana rasa takut bisa mnyelamatkan kita dari api neraka ? di postingan selanjutnya ada kisah Inspiratif tentang rasa takut kepada Allah yaitu Kisah Pengaduan Sehelai Rambut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s