Bagaimana Frustasi dan Solusinya Menurut Al Quran

Menghadapi Frustasi

Hampir setiap orang telah mengalami perasaan kecewa. Namun, kecewa masih tergolong level bawah. Jika tidak segera di kendalikan perasaan kecewa ini akan berlanjut menjadi Frustasi. Tentunya frustasi memiliki dampak negatif yang lebih besar. Bagaimana frustasi menurut Al Quran ?

Kebetulan ekosmax pernah terinfeksi perasaan frustasi tersebut, hingga menemukan sebuah file presentasi mengenai hal tersebut di daftar pencarian google. Pada dasarnya adalah masalah frustasi, dan solusinya dapat ditemukan dari Al Quran. Benar-benar Al Quran adalah solusi dari berbagai macam masalah. Tidak ada salahnya jika ekosmax share di blog, agar dapat berbagi solusi kepada para pembaca umumnya dan orang yang mengalami frustasi khususnya. Berikut adalah kutipan atau ringkasan dari isi tiap slide file presentasi tersebut :

Kenapa Aku Diuji?

Surah Al-Ankabut ayat 2-3

Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan:”Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?
Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang
yang dusta.

Kenapa Aku tidak Mendapatkan Apa yang Aku
Idam-
idamkan?

Surah Al-Baqarah ayat 216

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”

Kenapa Ujian Seberat Ini?

Surah Al-Baqarah ayat 286

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.

Rasa Frustasi?

Surah Al-Imran ayat 139

Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.

Bagaimana Aku Harus Menghadapinya?

Surah Al-Imran ayat 200

Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertaqwalah kepada Allah
supaya kamu beruntung.

Surah Al-Baqarah ayat 45

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’

Apa yang Aku Dapat Dari Semua Ini?

Surah At-Taubah ayat 111

Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu’min, diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka.

Kepada Siapa Aku Berharap?

Surah At-Taubah ayat 129

Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Ilah selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal

Aku Tak Dapat Bertahan Lagi!!!!!

Surah Yusuf ayat 87

“..dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir.

Ingat Surah An-Nisaa’ ayat 86

Apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan lebih baik, atau balaslah
(dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah
memperhitungkan segala sesuatu.

Subhanallah

Mari kita berbenah dan terus berbenah..untuk memepersembahkan yang terbaik
dalam masa hidup kita. Dengan torehan kemuliaan dan semangat pantang menyerah. Dimanapun. kapanpun dan dengan siapapun..selama ALLAH SWT
menjadi “..just The ONE goal..“ Insya Allah akan “bahagia” sebagaimana doa
yang sering terlantun untuk kebahagiaan dunia dan akhirat.

4 thoughts on “Bagaimana Frustasi dan Solusinya Menurut Al Quran

  1. @helpppppppp: hampir sama dg yg aku rasakan 4 tahun silam, atau mungkin tidak sedikit juga di luar sana yang mengalami keadaan serupa. Secara psikologi, pada umur segitu kita masih punya sifat labil secara emosi sehingga ini yang akan mempengaruhi pengampilan keputusan kita. Coba deh bandingkan melihat dasara kolam yang tdk tenang(keruh0 sama yang tenang (jernih) beda kan? akan terlihat dasar di kolam yang tenang karena airnya jernih. Itu dia kuncinya (1) kita harus tenang dan berpikir secara jernih. Pertanyaan selanjutnya bagaimana bias kita bisa tenang? Sebenarnya semua orang juga sudah tahu kuncinya, ya sedikit sudah disebutkan di postingan di atas. Pada intinya coba kita (2) dekatkan diri dengan Tuhan, tak usah dengarkan orang lain, biasanya sering dibilang, “iya kalo butuh aja dekat sama Tuhan”. Tidak munafik kan, kita memang butuh? (3) Banyak orang tahu tidak banyak juga hanya sekedar tahu tanpa memahami dan melakukan, pernah dengar lagunya Opick? ini lagu bagus coba deh diresapi isinya, liriknya sederhana tapi bermakna. (4) Bismillah berani mengambil keputusan dengan segala resiko, dan “YAKIN” Allah selalu paham apa yang kita butuhkan bukan yang kita inginkan. (5) Tawakal

    Dulu aku juga tanpa arah hingga ujung-unjungnya ambil keputusan dan pasrah. Alhamdulillah walaupun dulu ga ketrima dimana-mana, dan akhirnya nyasar di sekolah tinggi swasta, buktinya bisa rampung juga. Sekarang tinggal ikhtiar mencari kerja. Mohon doanya
    Itulah sedikit berbagi cerita, semoga ada pencerahan, mohon maaf kalo kirang dapat menyelesaikan masalah.
    ^_^

  2. aku stresss bgt , setiap apa yang aku lakukakan serasa salah dimata orang lain termasuk keluargaku . aku kelas 3 mau kuliah jg belum bsa ketrima dmn2 . aku bingung , stres , frustasi . gak tau harus bilang ke siapa . bahkan orang terdekatkulah yang membuatku frustasi termasuk pengalaman buruk waktu sma . skrg aku kelihangan rasa kepercayaan diriku , tapi aku selalu bilang bisa pada hal yg diluar kemampuanku . aku pingin nangis ma marah kalo ada yg menguji kesabaranku. semua orang bahkan aku jauhi . jujur aku adalah tipikal suka bergaul waktu kecil tapi skrg semua berubah aku malah ingin menjauhi pergaulan . aku ingin matiiiiiiiiiii tapi itu dosa , skrg malah kyk mayat hidup , bisa berbafas namun gak tau harus kemana , tujuanku gak menentu tolonggggg bantu aku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s