Usaha Pengembangan Profesionalisme Kerja

Profesionalisme Kerja

Profesionalisme dalam bekerja harus selalu dilatih dan dibina. Ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mengembangkan sikap profesional para pekerjanya, yaitu :

  1. Menyediakan sarana dan prasarana bagi para pekerja untuk meningkatkan keahlian di bidangnya, seperti mendirikan sebuah Balai Pelatihan Kerja.
  2. Mengadakan kegiatan seminar, lokakarya dalam rangka meningkatkan kualitas kerja.
  3. Menyediakan bantuan dana kepada para pekerja yang akan melanjutkan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi.
  4. Mengirim dan mengutus para pekerja pilihan untuk dapat melanjutkan pendidikannya ke luar negeri.

Tanggungjawab untuk mengembangkan sikap profesional bukan hanya dari instansi pemerintah atau perusahaan saja, tetapi juga merupakan tanggungjawab dari para pekerja itu sendiri. Tanggungjawab para pekerja dalam mengembangkan profesionalisme kerja, misalnya :

  1. Aktif mengikuti kegiatan seminar, lokakarya atau workshop yang diadakan oleh suatu instansi pemerintah atau perusahaan.
  2. Aktif membaca atau mendengarkan berita dari media pembelajaran, seperti televisi, radio, buku, koran, majalah, dan sebagainya.
  3. Aktif melakukan diskusi dengan rekan kerja mengenai bagaimana cara menigkatkan profesionalisme kerja.
  4. aktif mengikuti program pendidikan yang diadakan oleh suatu instansi pemerintah atau perusahaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s