Merencanakan Bisnis ׀ Pengantar Bisnis

A. Mengidentifikasi Stakeholder

5 (lima) jenis stakeholder : pemilik, kreditor, karyawan, pemasok, dan pelanggan.

1. Pemilik

Setiap bisnis dimulai sebagai hasil ide dari seseorang atau lebih mengenai barang dan jasa yang disebut wiraswasta. Pada awalnya biasanya ia menjadi pemilik tunggal. Seirirng dengan perkembangannya ia membutuhkan tambahan dana yang memungkinkan orang lain untuk berinvestasi. Banyak perusahaan besar menjual sahamnya kepada investor yang ingin menjadi pemegang saham.

2. Kreditor

Perusahaan memerlukan dana lebih dari pada yang didapat dari pemilik. Perusahaan yang memerlukan dana meminjam dari institusi keuangan atau individu yang disebut kreditor. Perusahaan akan membayar bunga, kreditor akan memberikan pinjaman jika ia yakin perusahaan berkinerja lebih baik.

3. Karyawan

Karyawan diangkat untuk operasionalisasi perusahaan. Karyawan yang bertanggungjawab mengelola tugas yang diberikan karyawan lain disebut manajer. Kinerja perusahaan sangat tergantung pada keputusan manajer.

4. Pemasok

Perusahaan biasanya menggunakan bahan baku untuk menghasilkan produknya. Perusahaan tidak dapat menyelesaikan proses produksinya bila mereka tidak mendapatkan bahan baku. Oleh karena itu, kinerja perusahaan bisa tergantung pada kinerja pemasok.

5. Pelanggan

Perusahaan tidak dapat bertahan hidup tanpa pelanggan. Untuk menarik pelanggan perusahaan harus memberikan barang dan jasa dengan harga yang pantas dan berkualitas baik.

B. Menciptakan Ide Bisnis

Orang akan berniat bisnis hanya apabila mereka mengharapkan imbalan untuk usahanya. Imbalan tersebut bisa dalam berbagai bentuk, misal : penghasilan besar,bisa menjadi atasan, kepuasan atau senang dengan tantangan. Supaya dapat berhasil, suatu perusahaan harus memiliki keunggulan kompetitif.

C. Pengaruh Teknologi dalam Menciptakan Bisnis

Teknologi dapat diartikan sebagai aplikasi dari ilmu pengetahuan yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa. Termasuk penggunaan komputer untuk memudahkan informasi antar departemen dalam suatu perusahaan. Disamping itu juga ada istilah e-business atau bisnis elektronik yaitu penggunaan komunikasi elektronik untuk menghasilkan atau menjual barang dan jasa. E-business mencakup transakasi bisnis, seperti menjual produk lewat internet.

D. Fungsi Utama Bisnis

Ada 5 (lima) fungsi yang terlibat dalam operasi suatu bisnis, yaitu fungsi manajemen, pemasaran, keuangan, akuntansi, dan sistem informasi.

E. Mengembangkan Rencana Bisnis

Sekali wiraswasta menciptakan suatu ide bisnis, mereka memperhatikan bagaimana menerapkan fungsi-fungsi bisnis yang baru saja digambarkan. Mereka menciptakan rencana bisnis, yaitu suatu deskripsi rinci dari ususlan bisnis, termasuk di dalamnya deskripsi bisnis, jenis pelanggan, persaingan dan fasilitas yang diperlukan. Lingkungan yang mengelilingi bisnis meliputi : lingkungan ekonomi, industry dan global. Rencana manajemen meliputi struktur organisasi, produksi, SDM. Sedangkan rencana pemasan meliputi : target pasar, karakteristik produk, penentuan harga, distribusi, promosi tentang rencana keunagan meliputi kelayakan bisnis dan pendanaan bisnis.

Download :

Download Bahan Kuliah Pengantar Bisnis : Organisasi Bisnis Bab Merencanakan Bisnis

Sumber Referensi :

  • Referensi : Buku Pengantar Binis, Terjemahan Buku karya Jeff Madura
  • Bahan kuliah Pengantar Bisnis di STIE Bank BPD Jateng yang disampaikan oleh Bapak Suhana, SS,MM.
  • Attachment Source : inwpengantarbisnis.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s