Software Gratis untuk Recording Rumahan

Improvisasi itu perlu dalam kondisi tertentu. Jika ingin membuat sebuah rekaman lagu, namun tidak memiliki sebuah studio recording. Biaya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah studio tidaklah murah. Lakukan improvisasi dengan melakukan semua itu lewat PC/Laptop. Aplikasi bajakan ? Jelas tidak! Di cyber world ini tersedia banyak aplikasi gratis untuk membantu kerja kita. Berikut ini penulis hanya  mendeskripsikan beberapa saja.

Andrea AudioCommander

Menangani proses perekaman audio dengan menggunakan mixer yang ada pada windows akan sangat membingungkan, dan memiliki keterbatasan fitur. Andrea Audio Commander mamiliki fungsi untuk noise reduction sehingga kualitas suaranya pun akan makin terjamin. Seeting dapat diubah pada waktu Kita tengah melakukan proses perekaman atau proses rekaman sedang berlangsung. Aplikasi ini terdiri dari 10 band grafif equlizer, cukup lengkap untuk proses perekaman sederhana. Kita juga dapat menginstal aplikasi gratis ini pada Windows Vista. Dan KIta dapat menggunakan sampai kapan pun.
Ket : Mohon maaf tidak ditampilkan screenshotnya, karena pada saat menulis posting ini, penulis menggunkan Windows Seven, sementara aplikasi ini saat ini belum kompatibel.
Label : For Personal Use,

downloadDownload Andrea AudioCommander


DarkWave Studio 3.0

DarkWavestudioTidak memiliki studio recording dengan alat-alat yang lengkap? Jangan khawatir, untuk memenuhi semua itu memang akan menghabiskan biaya besar. Tapi, kita dapat melakukan improvisasi lewat aplikasi yang satu ini. DarkWave studio dapat membantu kita membuat lagu elektronik. Kita dapat mengintegrasikan aplikasi ini dengan berbagai VST atau plugin yang cocok untuk menunjang produksi musik. Aplikasi ini juga mendukung input MIDI. Syarat utama untuk dapat menjalankan aplikasi ini, kita harus memiliki Sound Card yang sedikit berkelas.
Label : Open Source,

downloadDarkWave Studio 3.0


Drum Station DT-010

DrumStationKemungkinan besar kita mengenal berbagai jenis aplikasi untuk membantu proses recording drum. Sayangnya, semua itu berbayar. Bagaimana dengan yang satu ini?  Aplikasi ini berbasiskan drum machine Roland TR-909 yang sangat populer. Drum Station akan membantu kita membuat pattern drum dengan kualitas CD. Selain itu, Kita juga dapat meyimpannya dalam format WAV. Drum Station sangat cocok bagi yang berprofesi sebagai DJ atau produser studio musik. Aplikasi ini terdiri dari 8 Channel drum yang dapat kita gabungkan dengan mudah.
Label : For Personal Use

downloadDrum Station Dt-010

Footnote :

  • Referensi : PCMedia Computer Magazine.
  • Masih banyak aplikasi musik lain yang belum diulas, semoga di posting berikutnya penulis bisa memberi seluruh link downloadnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s