Mengatasi Masalah Kartu Grafis (VGA) – Koneksi ke Video Kamera Tidak Berfungsi

Koneksi dari kartu grafis ke kamera video saat ini sering dilakukan oleh pengguna komputer untuk mentransfer gambar. Selain menggunakan kabel firewire, terkadang digunakan juga koneksi analog dari port  S-Video out pada kartu grafis. Selain koneksi ke video kamera, beberapa juga memanfaatkan port S-Video out ini untuk menghubungkan komputer dengan kamera mini atau webcame ataupun televisi. Namun, sering muncul sejumlah masalah untuk koneksi semacam ini. Berikut kesalahan yang sering dilakukan berikut penanganannya :

  1. Driver dan WDM Belum Terinstal
  2. Untuk dapat mengoneksikan perangkat digital tersebut dengan port S-Video out, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menginstal driver, pastikan Anda menginstal driver khusus untuk mengaktifkan port ini. Untuk kartu grafis berbasis chip nVidia, instal driver WDM yang biasanya disertakan dalam CD/DVD driver saat pembelian. Bila tidak ada , download di situs resmi pembuat chip grafis yang digunakan.

  3. Koneksi Salah
  4. Selanjutnya, perhatikan apakah koneksi dengan kabel yang dilakukan sudah benar. Kesalahan pemasangan kabel ini menjadi kesalahan yang paling sering terjadi. Untuk itu, pastikan kabel-kabel analog yang harus ditancapkan sudah benar-benar terpasang pada jack yang sesuai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s