Mengatasi Masalah Memori Komputer – Kapasitas Tidak Terbaca Maksimal

Kapasitas memori yang tidak terbaca maksimal adalah kerusakan yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Kurangnya kapasitas memori tentu akan berpengaruh terhadap peforma sistem komputer saat dijalankan. Penyebab dari tidak maksimalnya kapasitas memori ini antara lain :

  1. Kapasitas Memori yang Terbagi
  2. Share memori yang dialokasikan untuk VGA onboard tentu akan membuat kapasitas memori yang terbaca tidak akan sesuai dengan kapasitas maksimal memori yang sesungguhnya. Apabila memori yang terpasang sebesar 256 MB dengan share sebesar 32 MB, maka memori yang akan terbaca pada windows sebesar 256 MB – 32 Mb = 224 MB. Semakin besar share memori yang dialokasikan untuk VGA onboard, maka akan semakin kecil pula kapasitas maksimal yang terbaca. Begitu pula sebaliknya. Hal ini adalah wajar dan bukan merupakan satu kesalahan.

  3. Kesalahan Pembacaan
  4. Pada beberapa kasus, kesalahan pembacaan pada BIOS juga terjadi. Ini karena kesalahan program BIOS yang tertancap pada motherboard. Hal ini biasanya terjadi pada motherboard baru dari versi awal. Untuk mengatasinya, tak ada cara lain selain melakukan update BIOS dengan versi yang lebih baru.

  5. Kesalahan Produksi
  6. Kesalahan produksi juga tidak bisa dikesampingkan. Produsen memori juga mengakui kesalahan semacam ini. Bila masalahnya karena kesalahan produksi, pembeli dapat meminta penukaran selama masih dalam masa garansi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s