Tutorial Instalasi Windows 7

Syarat utama untuk dapat mengoperasikan komputer / laptop adalah adanya sistem operasi (operating system / OS). Salah satu OS yang cukup terkenal dan baru dirilis adalah Windows Seven. Windows 7 (sebelumnya berkodekan Blackcomb atau Vienna) merupakan versi selanjutnya Microsoft Windows yang akan menggantikan Windows Vista. Untuk menginstallnya tidak terlalu sulit, tetapi tak jarang banyak orang yang masih bingung. Untuk itu dibuat tutorial yang berisi langkah-langkah penginstalan dari awal hingga selesai.

Berikut ini adalah langkah-langkah instal Windows 7 pada laptop / komputer Anda:

 

1. Masukkan DVD Windows 7 ke dalam CD / DVD drive kemudian restart komputer. Pastikan pilihan booting pertama melalui CD / DVD drive. Ini akan memuat file setup. 

2. Pilih bahasa, time & currency, keyboard input method, kemudian klikNext

3. Klik Install Now

4. Centang I accept the license terms dan klik Next

5. Klik Upgrade jika Anda sudah mempunyai versi Windows sebelumnya atau pilih Custom (advanced) jika Anda tidak memiliki versi Windows sebelumnya atau ingin menginstal salinan baru Windows 7 / pada partisi baru.

6. (Lewati langkah ini jika Anda memilih Upgrade dan hanya memiliki satu partisi) Pilih drive mana Anda ingin menginstal Windows 7 dan klikNext.  Jika Anda ingin membuat partisi, klik Drive options (advance), buat partisi dan kemudian klik Next.

7. Sekarang akan mulai instalasi Windows 7. Langkah pertama (Copying Windows files) yang sudah dilakukan ketika Anda boot DVD Windows 7 sehingga akan selesai seketika.

8. Setelah menyelesaikan langkah pertama, akan meng-expand (decompress) file yang telah disalin.

9. Langkah berikutnya adalah instal fitur, instal update kemudian melengkapi penyelesaian.

10. Setelah itu secara otomatis akan restart setelah 15 detik dan melanjutkan proses setup. Anda juga dapat klik Restart Now untuk restart tanpa penundaan.

11. Setelah restart untuk pertama kalinya, akan melanjutkan proses setup. Ini adalah langkah terakhir sehingga akan mengambil waktu lebih lama daripada langkah sebelumnya.

12. Sekarang akan otomatis restart lagi dan melanjutkan setup. Anda dapat klik Restart Now untuk restart tanpa penundaan.

13. Ketik username yang Anda inginkan dalam kotak-teks dan klik Next. Ini akan otomatis mengisi nama komputer (computer name).

14. Jika Anda ingin mengisikan password, tuliskan saja pada kotak-teks kemudian klik Next.

15. Isikan product key Anda dalam kotak-teks dan klik Next. Anda juga dapat melewatkan langkah ini dan cukup klik Next jika Anda ingin memasukkan product key nanti. Windows akan berjalan hanya selama 30 hari jika Anda melakukan itu.

16. Pilih opsi yang Anda inginkan untuk Windows Update. Untuk amannya, jika Windows 7 Anda tidak genuine, pilih opsi Install important updates only atau pilih Ask me later.

17. Pilih zona waktu Anda, klik Next.

18. Jika anda terhubung ke jaringan (internet), ini akan meminta Anda untuk menetapkan lokasi jaringan.

19. SELESAI! Kini Anda memiliki Fresh Copy Windows 7 terinstal pada komputer Anda.

20. Langkah selanjutnya adalah instal driver-driver yang diperlukan untuk komputer Anda.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s