Home > Islam, Mata Kuliah, Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Agama Islam ׀ Agama dan Filsafat

Pendidikan Agama Islam ׀ Agama dan Filsafat

Definisi Filsafat dan Cabangnya

Filsafat adalah hasil akal seorang manusia yang mencari dan memikirkan suatu kebenaran dengan sedalam-dalamnya. Dengan kata lain: Filsafat adalah ilmu yang mempelajari dengan sungguh-sungguh hakikat kebenaran segala sesuatu. Filsafat merupakan “ilmu istimewa” yang mencoba menjawab masalah-masalah yang tidak dapat dijawab oleh ilmu pengetahuan biasa karena masalah itu terdapat diluar atau diatas jangkauan ilmu pengetahuan biasa. Adapun cabang-cabangnya adalah sebagai berikut :

  1. Metafisika yaitu filsafat tentang hakekat yang ada dibalik fisika, tentang hakekat yang bersifat trensenden, diluar atau diatas kemampuan pengalaman manusia.
  2. Logika yaitu filsafat tentang fikiran yang benar dan salah.
  3. Etika yaitu filsafat tentang tingkah laku yang baik dan buruk.
  4. Estetika yaitu filsafat tentang karya yang indah dan yang jelek.
  5. Epistomologi, filsafat tentang ilmu pengetahuan.
  6. Filsafat-Filsafat khusus lainnya, seperti filsafat hokum, filsafat sejarah, filsafat alam, filsafat agama, dan lain sebagainya.

Definisi Agama

Agama mengandung pengertian pengaturan hubungan manusia dengan tuhannya (vertical), hhubungan manusia dengan manusia dalam masyarakat (horizontal) termasuk dengan dirinya sendir dan lingkungan hidupnya. (QS. Al-maidah, 5 :3).

Agama sebagai Objek Filsafat

Al-Kindi mengemukakan bahwa objek filsafat itu adalah fisika, matematika dan ilmu ketuhanan.Menurut al-Farabi, objek filsafat adalah semua yang maujud. Selain yang dikemukakan oleh para filosof di atas, menambahkan bahwa kepercayaan itu termasuk objek pembicaraan filsafat.

Semua sasaran pembahasan di atas merupakan mate-ri pembahasan filsafat. Agama adalah salah satu materi yang menjadi sasaran pembahasan filsafat. Dengan demi-kian, agama menjadi objek materia filsafat. Ilmu pengeta-huan juga mempunyai objek materia yaitu materi yang empiris, tetapi objek materia filsafat adalah bagian yang abstraknya. Dalam agama terdapat dua aspek yang berbeda yaitu aspek pisik dan aspek metefisik. Aspek metafisik adalah hal-hal yang berkaitan dengan yang gaib, seperti Tuhan, sifat-sifat-Nya, dan hubungan manusia dengan-Nya, sedangkan aspek pisik adalah manusia sebagai pribadi, maupun sebagai anggota masyarakat.

Filsafat agama sebenarnya bukanlah langkah untuk menyelesaikan persoalan agama secara tuntas. Pemba-hasan filsafat agama hanya bertujuan untuk mengungkap-kan argumen-argumen yang mereka kemukakan dan memberikan penilaian terhadap argumen tersebut dari segi logisnya.

Perbandingan Agama dan Filsafat

Menurut Prof. Dr. H. H. Rasyidi, perbedaan antara filsafat dan agama bukan terletak pada bidangnya, tetapi terletak pada cara menye-lidiki bidang itu sendiri. Filsafat adalah berfikir, sedang-kan agama adalah mengabdikan diri, agama banyak hu-bungan dengan hati, sedangkan filsafat banyak hubungan dengan pemikiran. Williem Temple, seperti yang dikutip Rasyidi, mengatakan bahwa filsafat menuntut pengetahuan untuk memahami, sedangkan agama menuntut pengeta-huan untuk beribadah atau mengabdi. Pokok agama bukan pengetahuan tentang Tuhan, tetapi yang penting adalah hubungan manusia dengan Tuhan.

Di sisi lain agama mulai dari keyakinan, sedangkan  filsafat mulai dari mempertanyakan sesuatu. Mahmud Subhi mengatakan bahwa agama mulai dari keyakinan yang kemudian dilanjutkan dengan mencari argumentasi untuk memperkuat keyakinan itu, (ya`taqidu summa yastadillu), sedangkan filsafat berawal dari mencari-cari argumen dan bukti-bukti  yang kuat dan kemudian  timbul-lah keyakinannya (yastadillu summa ya`taqidu).

Perbedaan lain antara agama dan filsafat adalah bah-wa agama banyak hubungannya dengan hati, sedangkan filsafat banyak hubungannya dengan pikiran yang dingin dan tenang.

Hubungan Ilmu, Agama, dan Filsafat

Filsafat mencari kebenaran dengan cara menggambarkan, mengelanakan, atau menualangkan akal budi secara radikal dan integral, dan tidak mau terikat oleh apapun kecuali “tangannya” sendiri yaitu logika. Kebenaran Ilmu Pengetahuan dan Filsafat adalah kebenaran nisbi(relatif) karena sekedar berdasarkan ra’yu atau rasio, akal budi manusia, sedangkan manusia adalah suatu “institute” atau “instansi” yang tidak sempurna.

Agama mencari kebenaran dengan berorientasi pada kitab suci, wahyu illahi yang merupakan Firman Tuhan untuk manusia diatas planet Bumi. Kebenaran Agama adalah kebenaran mutlak atau absolute dan sempurna karena agama didasarkan atas wahyu yang diturunkan oleh dzat yang Maha Besar, Maha Mutlak dan Maha Sempurna.

Pemecahan Masalah melalui Filsafat

Akal adalah potansi (luar biasa) yang dianugerahkan Allah kepada manusia, karena dengan akalnya manusia memperoleh pengetahuan tentang berbagai hal. Dengan akalnya manusia dapat membedakan mana yang benar, mana yang salah, mana yang baik mana yang buruk mana yang menyelamatkan mana yang menyesatkan, mengetahui rahasia hidup  dan kehidupan dan seterusnya.

Proses Filsafat dalam Mencapai Iman

Akal yang diberi tempat demikian tinggi di dalam agama Islam, mendorong kaum muslimin mempergunakannya untuk memahami ajaran-ajaran Islam  dengan penalaran rasional, sejauh ajaran itu menjadi wewenang akal untuk memikirkannya.

Oleh karena itu, sesungguhnya, pada hakikatnya umat Islam telah berfilsafat sejak mereka mempergunakan penalarana rasional  dalam memahami agama dan ajaran Islam. Penalaran rasional dalam memahami ajaran Islam adalah mempergunakan akal pikiran (ra’yu) untuk berijtihad

Download

Download bahan mata kuliah Pendidikan Agama Islam Bab Agama dan Filsafat.

Sumber Referensi :

  • E-learning Gunadarma
  • Bahan Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam di STIE Bank BPD Jateng yang disampaikan Bapak Nurwan.
  • Tugas Form.1 EKO SUDARMAKIYANTO (NIM.1M101535) Bab Agama dan Filsafat..
About these ads
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 279 other followers

%d bloggers like this: